PEREKERUTAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERHOTELAN (Studi deskriptif perekrutan dan penempatan karyawan pada bagian Food & Beverage Departement di Hotel Elmi Surabaya)

LUKMAN SYAFA’AT, 070902027 (2013) PEREKERUTAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERHOTELAN (Studi deskriptif perekrutan dan penempatan karyawan pada bagian Food & Beverage Departement di Hotel Elmi Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-syafaatluk-25851-8.abst-i.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di jaman yang semakin berkembang ini, dunia perhotelan juga semakin dibutuhkan akan keberadaannya. Terutama di kota-kota besar seperti Surabaya karena menjadi tempat atau pusat dari sebuah perekonomian. Dari situlah keberadaan sebuah hotel dibutuhkan, Ini dilihat oleh pengusaha menjadi ladang bisnis yang akan mendatangkan keuntungan besar. Mereka saling berlomba membangun sebuah hotel yang terbaik untuk dapat memenangkan persaingan. food and beverage department di Hotel Elmi Surabaya merupakan peranan penting di dalam hotel. Sehingga harus memperhatikan segala aspek yang berpengaruh pada sistem yang berlaku di food and beverage department. Salah satu aspek yang harus di perhatikan adalah Sumber Daya Manusia yang baik dan berkompeten yang dapat dilihat dari latar belakang pendidikan pada saat perekrutan atau penerimaan karyawan. Pihak manajemen Hotel Elmi Surabaya sangat mengutamakan proses seleksi calon yang ketat dan bermutu agar mendapatkan karyawan yang berkualitas. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah perekrutan dan penempatan karyawan pada bagian food and beverage departement di Hotel Elmi Surabaya. Selain itu untuk mengetahui hambatan apa saja dalam proses perekrutan dan penempatan karyawan calon karyawan pada bagian Food and Beverage Department di Hotel Elmi Surabaya. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara dan observasi. Dalam melakukan wawancara, penulis memilih Human Resources Department Mananger dan Supervisor Food & Beverage sebagai informan karena memiliki peranan penting dalam memberikan informasi. Proses rekrutment di hotel Elmi Surabaya dilaksanakan saat membutuhkan karyawan, secara terencana dan secara tertutup. Setelah melalui proses seleksi rekrutment karyawan tersebut menjalani masa training 3 bulan. Selama masa training, pihak F&B manajer melakukan penilaian kepada karyawan tersebut. Laporan penilaian tersebut diberikan kepada HRD yang mana karyawan tersebut akan diterima menjdi karyawan kontrak hotel elmi atau tidak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.PW.12/13 Sya p
Uncontrolled Keywords: RECRUITMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
LUKMAN SYAFA’AT, 070902027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Jul 2013 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 08:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item