PERAN WAITER/WAITRESS DI DALAM COFFEE SHOP SEBUAH HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya dan Hambatan yang Dihadapi Waiter/Waitress di Bagian Food and Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu di Coffee Shop Hotel Inna Simpang)

IRWIN SAPTOADI, 070902054 (2013) PERAN WAITER/WAITRESS DI DALAM COFFEE SHOP SEBUAH HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya dan Hambatan yang Dihadapi Waiter/Waitress di Bagian Food and Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu di Coffee Shop Hotel Inna Simpang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-saptoadiir-25855-6.abst-i.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel Inna Simpang Surabaya adalah salah satu hotel berbintang tiga yang ada di wilayah Kota Surabaya. Hotel ini merupakan hotel business and meeting yang dibagi beberapa departemen dan salah satunya adalah Food and Beverage Service Department. Waiters merupakan ujung tombak yang memberikan pelayanan pertama kali dan berinteraksi secara langsung dengan tamu, maka pada semua staff waiter/waitress diharuskan mempunyai keahlian dalam hal pelayanan atau tata cara servis yang baik dan benar sesuai standar hotel. Adapun permasalahan yang dihadapi manajemen dalam meningkatkan pelayanan yaitu mengetahui hambatan - hambatan yang dihadapi para waiter/waitress di dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang tidak berupa angka – angka yang mana hanya menggambarkan obyek penelitian. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dari wawancara, observasi, dan sesuai dengan penggunaan bahan dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari F&B Manager, Chief Bartender, Waiter/Waitress. Setelah melakukan proses penelitian diatas dapat diketahui bahwa yang dilakukan oleh Hotel Inna Simpang Surabaya mengatasi hambatan yang dihadapi waiter/waitress di bagian F&B Service adalah melalui pelatihan dan pengembangan kemampuan pelayanan serta dapat diketahui segala hambatan yang ditemui selama melakukan pelayanan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.PW.13/13 Sap p
Uncontrolled Keywords: FOOD AND BEVERAGE SERVICE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
IRWIN SAPTOADI, 070902054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S. Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Jul 2013 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 00:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item