PENANGANAN KARGO LAUT (Studi Deskriptif Tentang Proses Penanganan Ekspor Muatan Bahan Berbahaya di PT. Bimasco Cargo System Surabaya)

Elvan Adi Santoso, 071002011 (2014) PENANGANAN KARGO LAUT (Studi Deskriptif Tentang Proses Penanganan Ekspor Muatan Bahan Berbahaya di PT. Bimasco Cargo System Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-santosoelv-29840-7.abstr-k.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanganan yang dilakukan oleh PT. Bimasco Cargo System dalam proses ekspor muatan bahan berbahaya. Hal ini dilakukan untuk mendeskripsikan hal apa saja yang telah dilakukan PT. Bimasco Cargo System dalam menangani muatan tersebut selama proses ekspor barang terjadi, serta mengetahui kendala – kendala yang terjadi selama proses tersebut berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang maksudnya adalah menggunakan penjabaran yang dijelaskan dengan kalimat bukan dengan angka. Penelitian kualitatif dipilih karena penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakannya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa informan seperti direktur utama, staff dokumen ekspor dan operasional ekspor dipilih untuk memberikan penjelasan mengenai bagaimana penanganan yang dilakukan oleh PT. Bimasco Cargo System dalam menangani muatan berbahaya. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan yang dilakukan oleh PT. Bimasco Cargo System bertujuan untuk memenuhi peraturan – peraturan yang ada dalam penanganan muatan berbahaya yang akan memberikan keamanan pada muatan tersebut sampai di Negara tujuan ekspor, dan guna untuk mencegah terjadinya bahaya – bahaya yang tidak diinginkan, yang bisa merugikan banyak pihak. Namun dalam penanganan – penanganan tersebut terdapat beberapa kendala yang terjadi, yaitu seperti keterlambatan dalam pengeluran dokumen material safety data sheet, dan kesulitan dalam mendapatkan moda transportasi untuk pengiriman. Namun setiap kendala pasti ada cara untuk mengatasi maupun menghindarinya, seperti yang dilakukan oleh PT. Bimasco Cargo System dalam mengatasi atau menghindari kendala – kendala tersebut, sehingga proses penanganan ekspor muatan berbahaya tetap dapat terlaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.PW.06/14 San p
Uncontrolled Keywords: CARGO SYSTEM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
Elvan Adi Santoso, 071002011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18479
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item