MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA: Studi Deskritif Tentang Upaya Pemberian Motivasi Yang Dilakukan Pihak HRD Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Housekeeping di Surabaya Plaza Hotel

GALE TRI WAHYUDI, 070902034 (2013) MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA: Studi Deskritif Tentang Upaya Pemberian Motivasi Yang Dilakukan Pihak HRD Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Housekeeping di Surabaya Plaza Hotel. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-triwahyudi-28548-10.abst-i.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

memiliki kemampuan berkembang sebagai penentu keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang, maka peningkatan keterampilan sumber daya manusia berada di ururtan tertinggi. Memiliki sumber daya manusia yang teruji kemampuan, keterampilan, setia pada perusahaan, bersemangat dalam mencapai tujuan perusahaan akan membuat perusahaan tetap mampu bersaing dalam era persaingan global, terlebih bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa seperti Surabaya Plaza Hotel, pemberian pelatihan dan motivasi kepada para karyawan Surabaya Plaza Hotel harus terus dilakukan. Ini dimaksudkan agar keterampilan, pengetahuan, sikap, loyalitas, semangat kerja dan komitmen pada Surabaya Plaza Hotel meningkat sehingga setiap pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan kinerja yang pada akhirnya juga akan meningkatkan produktivitas dan profitabilitas hotel di dalam dunia usaha yang berkompetisi secara global. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dari pemberian motivasi yang dilakukan oleh HRD Surabaya Plaza Hotel untuk meningkatkan kinerja karyawan, khususnya karyawan di bagian Housekeeping di Surabaya Plaza Hotel dan bagaimana dampak dari pemberian motivasi yang dilakukan oleh pihak HRD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk dari pemberian motivasi dan mengetahui dampak dari pemberian motivasi kerja terhadap karyawan bagian Housekeeping di Surabaya Plaza Hotel. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara dan observasi. Dalam melakukan wawancara, penulis memilih Human Resources Department Mananger dan Supervisor housekeeping sebagai informan karena memiliki peranan penting dalam memberikan informasi. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga bentuk pemberian motivasi yang dilakukan pihak HRD yaitu promosi, penghargaan yang berupa gelar employe of the year dan employe of the month, dan insentif yang berupa bonus prestasi, uang lembur, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, cuti, dan jaminan social tenaga kerja. Motivasi-motivasi tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari para karyawan, dengan adanya pemberian motivasi ini diharapkan adaa perubahan dari hasil kerja para karyawan housekeeping.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW. 19/13 Wah m
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GALE TRI WAHYUDI, 070902034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Dec 2013 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 08:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item