KOMEDI SEBAGAI DAYA TARIK RESTORAN : Studi Deskriptif Tentang Penerapan Konsep Komedi yang digunakan dalamProduk di Comedy Kopi Resto Sutos

ARSYA RAMADANA, 070902074 (2013) KOMEDI SEBAGAI DAYA TARIK RESTORAN : Studi Deskriptif Tentang Penerapan Konsep Komedi yang digunakan dalamProduk di Comedy Kopi Resto Sutos. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ramadanaar-28649-11.abst-k.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya adalah kota terbesar kedua Indonesia setelah Jakarta yang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya juga menjadi pusat pergerakan ekonomi dan bisnis di Jawa Timur. Kepariwisataan adalah satu pendukung pergerakan ekonomi di Surabaya dan demi menunjang kebutuhan akan akomodasi bagi para wisatawan adalah Jasa Pelayanan. Dari banyaknya jenis pelayanan jasa yang ada, penulis memilih Jasa Pelayanan dari bidang kuliner yaitu restoran sebagai tempat yang akan diteliti. Melihat persaingan restoran – restoran yang semakin ketat di Surabaya, dibutuhkan konsep yang berbeda dan unik agar dapat menjadi pilihan konsumen. Dari latar belakang tersebut maka penulis mengangkat permasalahan mengenai penerapan konsep komedi kedalam produk Comedy Kopi Resto Sutos, Metode yang digunakan oleh penulis adalah studi deskriptif dengan metode kualitatif. Artinya data didapat berdasarkan pengamatan secara langsung untuk memperoleh data berupa kata – kata atau kalimat berdasarkan fakta yang ada agar memperoleh gambaran atau kalimat yang jelas. Restoran yang diteliti penulis adalah Comedy Kopi Resto Sutos yang terletak di lantai PL (Plasa Level) Surabaya Town Square (Jl. Raya Adityawarman No. 55 Wonokromo, Surabaya.) Penulis meneliti tentang bagaimana pihak Comedy Kopi Resto Sutos menerapkan atau menggambarkan konsep yang digunakan kedalam produk – produk yang ada di restoran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara restoran untuk menerapkan konsep yang digunakan kedalam produk mulai dari menu makanan dan minuman, pelayanan yang diberikan, dan dekorasi tempat yang digunakan untuk menciptakan suasana tesendiri. Serta bagaimana respon konsumen terhadap konsep yang digunakan restoran tersebut. Hasil yang diperoleh penulis mengenai penerapan konsep komedi kedalam produk Comedy Kopi Resto Sutos cukup menarik yaitu penerapan konsep komedi mulai dari produk menu makanan dan minuman yang menggunakan bahasa yang informal dan mengandung unsur humor serta arti tersendiri pada setiap menu makanan dan minumanya. Lalu dari pelayanan nya yang terkesan seperti teman kita sendiri karena menggunakan bahasa yang tidak baku dan lebih mengakrabkan diri dengan konsumenya melalui keunikanya masing – masing. Lalu dari dekorasinya yang unik dan berbeda dari restoran pada umumnya. Konsep komedi yang digunakan ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, karena memiliki karakter yang berbeda dengan restoran pada umumnya dan memiliki pelayanan unik yang hanya di temukan di Comedy Kopi Resto Sutos. Dari salah satu hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada konsumen juga menunjukan bahwa acara Stand Up Comedy yang diselenggarakan juga berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk kembali ke restoran tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep komedi yang digunakan Comedy Kopi Resto Sutos ke dalam produknya telah menjadi ciri khas yang mampu menjadi daya tarik tersendiri dan menguntungkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Pw. 24/13 Ram k
Uncontrolled Keywords: COMEDY; RESTAURANT MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
ARSYA RAMADANA, 070902074UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 11 Dec 2013 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item