OPINI PENGUNJUNG TERHADAP PENGELOLAAN OBJEK WISATA: Studi Deskriptif Opini Pengunjung Terhadap Ketersediaan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Religi di Kompleks Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, Gresik

Dwi Arianti, 071102007 (2014) OPINI PENGUNJUNG TERHADAP PENGELOLAAN OBJEK WISATA: Studi Deskriptif Opini Pengunjung Terhadap Ketersediaan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Religi di Kompleks Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, Gresik. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2014-ariantidwi-32929-6.abstr-i.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Gresik merupakan kota yang terkenal dengan wisata religi. Ada beberapa wisata religi di Kota Gresik, salah satunya adalah Objek wisata religi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Objek wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu objek wisata religi di Kabupaten Gresik yang diminati banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Objek wisata religi ini terletak tidak jauh dari Alun-alun Kota Gresik dan letaknya berdekatan dengan Kampung Arab. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini pengunjung terhadap ketersediaan sarana dan prasarana di Objek wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Penelitian ini bertipe deskriptif. Maksudnya adalah penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Adapun analisa data kualitatif sengaja dipilih karena penelitian yang bersifat deskriptif cenderung menggunakan analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, penggunaan bahan dokumen dan kuisioner. Beberapa informan seperti pihak pengelola objek wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim sengaja dipilih untuk memberikan penjelasan mengenai seluk beluk objek wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Staff Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik yang mengetahui data-data tentang objek wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini pengunjung terhadap ketersediaan sarana dan prasarana di objek wisata Sunan Maulana Malik Ibrahim yang meliputi fasilitas, keamanan dan kenyamanan adalah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kondisi toilet yang bersih, area objek wisata yang bersih dan adanya pemeriksaan surat tanda kepemilikan kendaraan, dan adanya petugas keamanan di dalam area objek wisata. Dari keadaan ini, pengunjung beropini bahwa pengelolaan objek wisata religi Makam Sunan Maulan Malik Ibrahim cukup baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Pw. 26/14 Ari o
Uncontrolled Keywords: TOURISM - RELIGIOUS ASPECTS - MANAGEMENT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwi Arianti, 071102007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, S. Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 25 Aug 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18525
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item