PENANGANAN PENGIRIMAN BARANG MELALUI DARAT: Studi Deskriptif Tentang Efesiensi Jalur Darat Dalam Proses Pengiriman Barang Oleh PT. Abianmastrans Perdana Surabaya

AYU PRASTY RENANDA, 071102038 (2014) PENANGANAN PENGIRIMAN BARANG MELALUI DARAT: Studi Deskriptif Tentang Efesiensi Jalur Darat Dalam Proses Pengiriman Barang Oleh PT. Abianmastrans Perdana Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2014-renandaayu-32933-12.abst-s.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext(3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu yang mendukung terlaksananya kegiatan pengiriman barang adalah adanya suatu lembaga atau perusahaan jasa angkutan yang disebut Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). PT. Abianmastrans Perdana adalah salah satu perusahaan EMKL yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan ekspor dan impor, yaitu jasa pengurusan pengeluaran barang, jasa pengurusan dokumen dan juga sebagai konsolidasi muatan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efisiensi jalur darat dalam proses pengiriman barang pada PT. Abianmastrans Perdana Surabaya dan mengetahui bagaimana penangan kendala-kendala dalam proses penanganan pengurusan dan pengiriman barang oelh PT. Abianmastrans Perdana Surabaya. Penyusunan tugas akhir ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Artinya adalah peneliti yang berusaha mendeskripsikan data – data yang diperoleh berupa kata – kata dan bukan menggunakan angka – angka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan penggunaan bahan dokumen. Beberapa informan seperti pemilik PT. Abianmastrans Perdana, HRD PT. Abianmastrans Perdana, Staf Operasional PT. Abianmastrans Perdana dan Sopir Truk sengaja dipilih untuk memberikan penjelasan mengenai efisiensi jalur darat dalam proses pengiriman barang dan kendala yang terjadi di lapangan serta proses penanganan kendala tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Abianmastrans Perdana masih menggunakan jalur darat dalam proses pengiriman barang dan dirasa masih sangat efisien karena aktivitas pendistribusian dengan menggunakan truk proses pengiriman barang akan sampai pada perusahaan yang dituju. Namun dalam pemilihan jalur darat tak selamanya berjalan baik. Banyaknya kendala yang terjadi membuat beberapa perusahaan jasa angkutan harus pintar memilih rute yang akan digunakan. Pemilihan rute yang tepat juga sangat penting karena dapat meminimalkan biaya dan waktu pengiriman barang. Selain itu adanya faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengiriman menjadi tersendat. Ada 3 faktor yang menjadi perhatian yaitu faktor teknis, faktor manusia dan faktor alam. Faktor – faktor yang menjadi masalah umum yaitu kondisi lalu lintas dan kecelakaan. Selain itu, keamanan petikemas juga menjadi salah satu masalah baru, karena petikemas yang sudah berada di atas chasis harus terpasang baik dengan twist lock agar tidak terjatuh.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Pw. 28/14 Ren p
Uncontrolled Keywords: TRANSPORTATION
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AYU PRASTY RENANDA, 071102038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndy Umardiono, S.Sos, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 25 Aug 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18526
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item