EVALUASI SISTEM ANTRIAN PADA RUANG DOKTER INSTALASI RAWAT JALAN POLI JANTUNG RUMAH SAKIT TNI AL (RUMKITAL) DR. RAMELAN SURABAYA

MUHAMMAD IQBAL ANSHORY, 040610435 (2013) EVALUASI SISTEM ANTRIAN PADA RUANG DOKTER INSTALASI RAWAT JALAN POLI JANTUNG RUMAH SAKIT TNI AL (RUMKITAL) DR. RAMELAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-anshorymuh-26753-5.abstr-i.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antrian merupakan masalah penting dalam sebuah institusi pelayanan publik. Antrian padat dan pelayanan lamban menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi kepuasan pasien. Rancangan model antrian yang optimal dapat mengurangi waktu rata-rata menunggu pasien dengan tetap memperhatikan utilitas tiap server. Sehingga berkurangnya waktu menunggu dapat menambah kenyamanan pasien tanpa mengurangi produktifitas dari dokter. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem antrian yang ada saat ini, menganalisis penyebab antrian pada instalasi rawat jalan poli jantung, dan mengevaluasi sistem antrian. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan uji distribusi data dengan bantuan software SPSS 17 dan input analyzer dari Arena. Pengolahan data menggunakan bantuan program Promodel 7.5 karena distribusi tidak sesuai dengan model antrian baku. Model antrian yang sudah ada saat ini memiliki pola antrian dengan fasilitas pelayanan ganda dengan beberapa tahapan (multichannel-multiphase). Rata-rata tingkat kedatangan pasien (λ) adalah sebesar 33 pasien/jam. Rata-rata waktu pelayanan adalah 4,49 menit. Rata-rata tingkat pelayanan ( ) sebesar 13,368 pasien/jam. Pola kedatangan berdistribusi Poisson dan pola pelayanan berdistribusi Lognormal. Masalah kinerja sistem antrian terletak pada banyaknya jumlah pasien yang mengantri, sering hilangnya data rekam medis pasien, perbedaan jam kerja antara loket pendaftaran pasien dan jam kerja dokter, ketidak fokusnya keenam dokter dalam ruang dokter yang harus mobile keruangan lain. Rencana usulan perbaikan adalah dengan merancang pelayanan dengan menggunakan pelayanan 2 hingga 7 dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.153/13 Ans e
Uncontrolled Keywords: ANTRIAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD IQBAL ANSHORY, 040610435UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAmak Mohamad Yaqoub, , SE., MSM.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 02 Sep 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item