ATRAKSI BIRDWATCHING: Study Deskriptif Tentang Birdwatching Sebagai Atraksi Wisata Alternatif di Taman Hutan Raya R Soerjo, Batu

REZZA KURNIAWAN (2015) ATRAKSI BIRDWATCHING: Study Deskriptif Tentang Birdwatching Sebagai Atraksi Wisata Alternatif di Taman Hutan Raya R Soerjo, Batu. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (901kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

wisatawan domestik maupun wisatawan asing, letaknya yang bersebelahan dengan provinsi Bali membuat Jawa Timur menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan asing yang mengunjungi Bali. Atraksi wisata merupakan komponen penting dari sebuah perjalanan wisata dimana atraksi tersebut adalah sebuah tujuan utama dari sebuah perjalanan wisata, atraksi dapat dibedakan atas dasar asal - usulnya yang menjadi karakteristik obyek atau atraksi tersebut, yaitu : obyek atau atraksi wisata yang bersifat alami, buatan manusia serta perpaduan antara buatan manusia dan keadaan alami. Birdwatching merupakan kegiatan mengamati burung yang bertujuan untuk mengetahui jenis burung, mengetahui tingkah laku burung atau untuk memotret burung tersebut yang lebih dikenal dengan istilah wildlife photography.dibutuhkan beberapa peralatan khusus seperti teropong binokuler, kamera dengan lensa tele yang cukup jauh untuk memotret burung, idelanya birdwatching dilakukan pada saat pagi dan sore hari karena pada saat itulah burung melakukan kegiatan sehingga lebih mudah untuk menemukannya. oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengambil judul “Birdwatching Sebagai Atraksi Wisata Alternatif di Taman Hutan Raya R. Soerjo, Batu” Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk menjadikan Birdwatching sebagai atraksi wisata alternatif, dan untuk melestarikan habitat burung di Taman Hutan Raya R.Soerjo. Peneliti menggunakan motode penelitian yang sifatnya deskriptif. Yang artinya pembahasan akan lebih menekankan pada uraian yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh kejelasan sedetail mungkin mengenai masalah yang diambil diatas dan dapat menjabarkan penyelesaian masalah sesuai dengan tujuan penelitian ini secara luas dan mendalam. Metode deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan, menggambarkan atau melukiskan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteliti dengan sistematis, faktual dan aktual.Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu data-data yang digunakan berhubungan erat dengan katagori karakteristik serta yang berwujud perkataan. Hasil penelitian ini adalah bahwa kegiatan Birdwatching di Taman Hutan Raya R. Soerjo dapat dijadikan sebagai sebuah atraksi wisata karena kegiatan terbsebut memiliki banyak peminat, disamping itu di Taman Hutan Raya R.Soerjo telah tersedia akomodasi penginapan dan juga warung makan, dan kegiatan tersebut telah memenuhi syarat – syarat untuk menjadi atraksi wisata yaitu something to do, something to see, something to buy.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW. 14/15 Kur a
Uncontrolled Keywords: TOURISM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
REZZA KURNIAWANNIM071102051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi SuharnoNIDN'0004117407
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 02 Mar 2015 12:00
Last Modified: 29 May 2020 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18566
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item