PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA: Studi Deskriptif Tentang Upaya Pemberdayaan Kelompok Tani di Kawasan Agro Wisata Bunga Sidomulyo Oleh Pemerintah Kota Batu

Wahyu Tri Megawati, 071101030 (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA: Studi Deskriptif Tentang Upaya Pemberdayaan Kelompok Tani di Kawasan Agro Wisata Bunga Sidomulyo Oleh Pemerintah Kota Batu. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-megawatiwa-36023-7.abstr-k.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang memiliki pertumbuhan pembangunan yang cepat. Saat ini sektor pariwisata banyak memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi global. Dari tahun ke tahun, jumlah wisatawan serta jumlah pembelanjaan yang dikeluarkan selama melakukan kegiatan wisata semakin mengalami peningkatan. Pengembangan pariwisata mampu memberikan dampak positif bagi suatu negara, tidak terkecuali bagi Indonesia yang banyak menyimpan potensi pariwisata. Kota Batu merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Timur dan merupakan salah satu destinasi periwisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki banyak obyek-obyek wisata dari yang sifatnya hiburan hingga yang alam. Seperti Agrowisata, dan Desa Sidomulyo merupakan salah satu obyek wisata di Kota Batu yang bersifat alam. Desa ini terletak di Kecamatan Batu Kota Batu, memiliki banyak sekali macam jenis bunga dan tanaman hias. Dan itu semua tidak terlepas dari para petani di Desa Sidomulyo yang membuat Desa Sidomulyo menjadi Kawasan Agrowisata Bunga yang terkenal diKota Batu. Dalam penelitian ini penulis, ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Kota Batu dalam Pemberdayaan Kelompok Tani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan wawancara terbuka kepada pemerintah kota batu dan kelompok tani tentang pemberdayaan kelompok tani yang telah dilakukan pemerintah dan kelompok tani. Sementara untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan data melalui teknik observasi berupa bahan dokumen yang didapat dari hasil wawancara dan menyertakan foto-foto hasil observasi, keadaan geografis dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Dalam hasil penelitian menerangkan bahwa Pemerintah Kota Batu telah melakukan upaya-upaya dalam pemberdayaan kelompok tanidi Kawasan Agrowisata Bunga Desa Sidomulyo. Upaya-upaya yang dilakukan seperti pelatihan dan penyuluhan, memperbaiki sarana dan prasarana, mengadakan festival-festifal kebudayaan, selain itu upaya yang dilakukan pengurus kelompok tani yaitu mengadakan pertemuan rutin, diadakan pameran bunga, dan promosi mengenai produk-produk yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW. 15/15 Meg p
Uncontrolled Keywords: TOURISM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wahyu Tri Megawati, 071101030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhidayati, Dr. S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 02 Mar 2015 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18567
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item