WISATA BUNGA SIDOMULYO : (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KAWASAN WISATA BUNGA SIDOMULYO SEBAGAI WISATA ALTERNATIF DI KOTA BATU)

IRENE OKTAVI DWI JAYANTI, 070902005 (2012) WISATA BUNGA SIDOMULYO : (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KAWASAN WISATA BUNGA SIDOMULYO SEBAGAI WISATA ALTERNATIF DI KOTA BATU). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-jayantiire-24177-11.ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-jayantiire-24177-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Batu merupakan salah satu kota yang terletak di Propinsi Jawa Timur. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang terdapat di kota ini, dari yang bersifat taman hiburan atau entertainment hingga yang bersifat alam seperti agro wisata. Salah satunya yaitu obyek wisata yang bersifat agrowisata yang terdapat di Desa Sidomulyo, Myaitu Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo. Di desa yang terletak di Kecamatan Batu Kota Batu ini terdapat berbagai macam jenis serta macam tanaman-tanaman hias, dengan komoditas utama yaitu bunga Mawar. Tujuannya dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu dalam mengembangkan Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo sebagai wisata alternatif di Kota Batu. Sehingga dengan melakukan pengembangan keberadaan kawasan, maka Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo akan menjadi wisata alternatif yang terdapat di Kota Batu dan juga dapat menambah penadapatan masyarakat di Desa Sidomulyo. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dapat memberikan gambaran tentang gejala sosial masyarakat yang sebenarnya. Dalam pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dengan cara observasi, wawancara serta menggunakan bahan dokumen-dokumen pendukung seperti menyertakan foto-foto hasil observasi, keadaan geografis dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Hasil dari penelitian menerangkan bahwa Pemerintah Kota Batu telah melakukan upaya-upaya dalam mengembangkan keberadaan Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo kepada masyarakat luas sebagai wisata alternatif. Upaya-upaya yang dilakukan seperti melakukan kegiatan promosi, memperbaiki serta melengkapi sarana dan prasarana, dan pemerintah mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan pariwisata. Dengan mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan parwisata, maka akan adanya kelanjutan dari kegiatan pariwisata di kawasan ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis PW 45/12 Jay w
Uncontrolled Keywords: TOURIST TRADE; MARKETING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
IRENE OKTAVI DWI JAYANTI, 070902005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNovianto Edi Suharno, SST.Par.,MS.iUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item