PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR DAYA TARIK WISATA (Studi Deskriptif Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pengelola Dalam Mengembangkan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya)

M. BUSTANUL ARIFIN, 070902020 (2012) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR DAYA TARIK WISATA (Studi Deskriptif Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pengelola Dalam Mengembangkan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-arifinmbus-24191-8.ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-arifinmbus-24191-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang dapat diandalkan dalam pembangunan ekonomi pada sebuah negara karena pariwisata merupakan industri terbesar di dunia. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas pariwisata di suatu kawasan akan menimbulkan dampak terhadap alam. Hal inilah yang menjadi perhatian besar agar pembangunan pariwisata tidak berdampak negatif bagi lingkungan dan alam maka memicu munculnya konsep Back to Nature. Konsep ini mengajak kembali untuk memelihara lingkungan hidup agar tetap lestari. Di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) telah dikembangkan wisata alam yang bertanggung jawab dengan cara mengonservasi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal yaitu Ekowisata Mangrove Wonorejo dan mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat bahkan Gubernur Jawa Timur. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat dan untuk mengetahui hasil pengembangan dari upaya pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh Pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo. Penelitian ini bertipe deskriptif, yang maksudnya adalah penulis menjelaskan tentang upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo. Seperti upaya dalam usaha warung makanan, upaya jasa pemandu dan upaya transportasi lokal. Serta bagaimana hasil dan perkembangan Ekowisata Mangrove Wonorejo setelah adanya upaya dari pengelola, baik perkembangan secara fisik maupun perkembangan secara non fisik. Adapun analisa data kualitatif sengaja dipilih karena proses penelitian yang dilakukan oleh penulis antara lain teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan penggunaan bahan dokumen yang sudah ada. Beberapa informan seperti pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo sengaja dipilih serta masyarakat sekitar yang merupakan tujuan dari pemberdayaan yang dilakukan oleh pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo. Adapun hasil dari penelitian ini upaya yang dilakukan oleh pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo adalah memberikan peluang kepada masyarakat sekitar yang ingin membuka usaha warung makanan karena pengelola telah menyediakan lahan untuk membuka usaha tersebut, serta melibatkan masyarakat sekitar dalam jasa pemanduan ketika adanya permintaan dari wisatawan baik secara individu atau kelompok namun masyarakat yang memandu harus mempunyai sertifikat atau pernah mengikuti pelatihan pemanduan dari Dinas Pariwisata maupun Dinas Pertanian. Dan melibatkan masyarakat sekitar pada transportasi lokal yang berada di obyek wisata tersebut yaitu berupa perahu dan layanan ojek. Ketika semua upaya ini berjalan maka Ekowisata Mangrove Wonorejo akan berkembang baik secara fisik maupun non fisik dan pemberdayaan masyarakat sekitar pun akan tercapai dengan bertambahnya pendapatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis PW 59/12 Ari p
Uncontrolled Keywords: TOURISM; FORESTRY; STRATEGIC PLANNING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB401.5 Geomorphology and Hydrology
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF1-900 Human ecology. Anthropogeography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. BUSTANUL ARIFIN, 070902020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. NURDIN RAZAK, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item