PEMBAGIAN SHIFT KERJA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN (Study Deskriptif Tentang Efisiensi Pembagian Shift Kerja Roomboy Dalam upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Tamu di Hotel Elmi Surabaya)

FAISAL BAHRAIN, 070902029 (2012) PEMBAGIAN SHIFT KERJA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN (Study Deskriptif Tentang Efisiensi Pembagian Shift Kerja Roomboy Dalam upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Tamu di Hotel Elmi Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-bahrainfai-24194-11.ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-bahrainfai-24194-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di jaman yang semakin berkembang ini, dunia perhotelan juga semakin dibutuhkan akan keberadaannya. Terutama di kota-kota besar seperti Surabaya karena menjadi tempat atau pusat dari sebuah perekonomian. Dari situlah keberadaan sebuah hotel dibutuhkan, Ini dilihat oleh pengusaha menjadi ladang bisnis yang akan mendatangkan keuntungan besar. Mereka saling berlomba membangun sebuah hotel yang terbaik untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satu yang menjadi prioritas dalam membangun sebuah hotel adalah dengan mengutamakan pelayanan yang ada di dalam kamar. Karena tujuan utama konsumen datang ke hotel adalah untuk beristirahat. Oleh karena itu pelayanan di dalam kamar harus diutamakan. Di dalam hotel bagian yang berperan dalam hal pelayanan kamar adalah departemen housekeeping yang dilakukan oleh roomboy. Tetapi tidak selalu apa yang dilakukan oleh roomboy dapat berjalan dengan baik, banyak masalah dalam menjalankan setiap tugasnya. Salah satunya dalam hal efisiensi pembagian shift kerja yang dibuat oleh supervisor. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah efisiensi pembagian shift kerja terhadap roomboy untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu. Selain itu untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pembagian shift kerja. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode Wawancara dan observasi. Dalam melakukan wawancara, penulis memilih supervisor dan roomboy sebagai informan karena memiliki perananan penting dalam memberikan informasi. Dari penelitian yang penulis lakukan, penulis mendapatkan hasil bahwa pembagian shift kerja yang diberlakukan terhadap roomboy dapat mempengaruhi kualitas mutu pelayanan yang diberikan terhadap tamu. Apabila dalam pembagian shift kerja terhadap roomboy sudah efisien, maka mutu pelayanan yang dihasilkan juga memuaskan. Begitu juga sebaliknya apabila tidak efisien, yang terjadi adalah menurunnya mutu pelayanan terhadap tamu. Pembagian shift kerja disesuaikan dengan jumlah karyawan dan jam operasional.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis PW 60/12 Bah p
Uncontrolled Keywords: SHIFT SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
FAISAL BAHRAIN, 070902029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno,, S.ST.Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item