SENTRA INDUSTRI KECIL SEPATU DAN SANDAL WEDORO (Studi Deskriptif Upaya Peningkatan Omzet Penjualan Oleh Pemilik Toko di Kawasan Objek Wisata Minat Khusus Wedoro Kabupaten Sidoarjo)

ANGGRAITA NALARISTYA, 070902004 (2012) SENTRA INDUSTRI KECIL SEPATU DAN SANDAL WEDORO (Studi Deskriptif Upaya Peningkatan Omzet Penjualan Oleh Pemilik Toko di Kawasan Objek Wisata Minat Khusus Wedoro Kabupaten Sidoarjo). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nalaristya-24197-7.ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-nalaristya-24197-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh pemilik toko di Sentra Industri Kecil Sepatu dan Sandal Wedoro dalam meningkatkan omzet penjualannya. Lokasi penelitian terletak di Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Sentra Industri Kecil Sepatu dan Sandal Wedoro terlihat sepi dan banyak sekali toko yang tutup, dibandingkan yang dulu banyak sekali toko-toko yang menjual sepatu dan sandal serta banyak pengunjung yang datang sampai berdesak-desakan dan untuk mencari parkir sulit. Permasalahan tersebut timbul akibat banyaknya mall-mall yang berdiri dan menjual barang yang sama yakni sepatu dan sandal, harga bahan baku yang naik, permintaan pasar yakni meminta kualitas yang bagus dengan harga yang rendah. Hal ini menimbulkan rasa ingin tahu upaya apa yang pemilik toko lakukan untuk meningkatkan omzet penjualan dengan pengunjung yang tidak begitu banyak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan penggunaan bahan dokumen. Dalam penelitian ini akan diketahui upaya apa saja yang dilakukan pemilik toko di Sentra Industri Kecil Sepatu dan Sandal Wedoro untuk meningkatkan omzet penjualannya. Terdapat upaya yang dilakukan oleh pemilik toko di Sentra Industri Kecil Sepatu dan Sandal Wedoro untuk meningkatkan omzet penjualan antara lain berupa strategi harga, kualitas produk, dan kualitas layanan. Strategi harga berupa pemberian potongan harga atau diskon yang diberikan setiap harinya dan cuci gudang yang dilakukan hanya di waktu tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan kualitas produk berupa pemilihan bahan yakni bahan baku yang berupa spons maupun kulit yang berkualitas biasa dan rancangan produknya yang mengikuti trend saat ini. Kualitas layanan yang diberikan pemilik outlet berupa responsiveness, emphaty, assurance, dan teknologi seperti pemanfaatan e-mail, handphone, facebook, dan televisi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis PW 52/12 Nal s
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL HOUSING; SMALL BUSINESS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
ANGGRAITA NALARISTYA, 070902004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item