MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG UPAYA PRESTA PRIMA MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN MELALUI ARMADA BUS PARIWISATA AGAR DIKENAL MASYARAKAT)

YANITA ROHMA ADESEPTIA, 070810304s (2011) MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG UPAYA PRESTA PRIMA MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN MELALUI ARMADA BUS PARIWISATA AGAR DIKENAL MASYARAKAT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adeseptiay-21955-fispw8-k.pdf

Download (287kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-adeseptiay-18702-fispw8-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan bidang industri yang sangat dibutuhkan di era ini. Tingkat kejenuhan dan keingintahuan menjadi faktor utama dalam pelaksanaan pariwisata. Dimana pariwisata mencakup komponen transportasi, akomodasi, jasa boga dan obyek wisata. Semua komponen berperan langsung dengan wisatawa, memberikan kemudahan bagi wisatawan yang melakukan kegiatan wisata. Keamanan dan kenyamanan kegiatan menjadi harga mahal dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini membahas mengenai perusahaan transportasi bus pariwisata, dimana perusahaan transportasi bus pariwisata dibutuhkan seiring dengan perkembangan laju pariwisata. Perusahaan transportasi menjadi salah satu penentu kegiatan pariwisata dimana transportasi digunakan untuk kegiatan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Perpindahan yang dilakukan sementara dengan tujuan bersenang-senang merupakan salah satu motif kegiatan pariwisata. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan ialah upaya perusahaan transportasi Presta Prima dalam membangun image perusahaan melalui armada bus pariwisata yang dimiliki perusahaan, agar lebih dikenal masyarakat. Presta Prima sebagai perusahaan penyedia armada bus pariwisata mempunyai beberapa upaya dalam memperkenalkan perusahaannya. Upaya tersebut dapat dilihat dari tampilan armada bus pariwisata Presta Prima seperti seat, fasilitas, fisik bus maupun pelayanan yang diberikan oleh Driver dan Co driver. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti ialah bersifat kualitatif sedangkan metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode Deskriptif. Dengan demikian pendekatan deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengkaji permasalahan di obyek penelitian secara dalam dan terperinci. Penelitian ini menggunakan kumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, beberapa sumber bahan dokumen serta catatan lapangan. Wawancara dilakukan terhadap pegawai operasional Presta Prima. Sesuai dengan tujuan penelitian dan permasalahan yang akan diteliti maka dalam penelitian ini penulis menggunakan “Metode Deskriptif” yang penelitiannya berusaha mendeskripsikan upaya Presta Prima membangun image perusahaan melalui armada bus pariwisata agar dikenal masyarakat. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa upaya Presta Prima dalam membangun image perusahaan melalui armada bus pariwisata yaitu dengan memberikan fasilitas lebih untuk interior bus (seat 2-2, meeting seat, AC, TV, DVD, rec. seat), memberikan tampilan yang unik untuk fisik bus serta pelayanan prima driver dan co driver selama kegiatan wisata. Semua rangkaian upaya yang dilakukan guna memberikan kesan positif bagi konsumen yang menggunakan jasa Presta Prima dan masyarakat luas yang menjumpai armada bus Presta Prima. Sehingga image positif perusahaan dapat terbangun melalui armada bus pariwisata yang dimiliki. Konsumen sendiri didominasi oleh masyarakat lokal seperti instansi pemerintah, swasta dan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FIS. PW. 87/11 Ade m
Uncontrolled Keywords: TOURISM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YANITA ROHMA ADESEPTIA, 070810304sUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNUR EMMA SURIANI,, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 Jan 2012 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item