Perilaku Co-Production & Co- Consumption Komunitas Pencinta Rolex dalam situs kaskus.co.id: Perspektif Teori Sosial Kognitif

BOURHAN MOETTY GANI, 040610304 (2013) Perilaku Co-Production & Co- Consumption Komunitas Pencinta Rolex dalam situs kaskus.co.id: Perspektif Teori Sosial Kognitif. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ganibourha-26797-5.abstr-s.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Internet, sebuah teknologi yang tidak hanya memudahkan komunikasi dan transfer data individu-individu yang terpisah jarak secara fisik, namun mampu menciptakan keinginan bercengkrama secara emosional dan membentuk komunitas yang saling berbagi antar sesamanya. Dalam teori sosial kognitif dinyatakan bahwa perilaku individu dalam suatu lingkungan sosial dilandasi oleh kondisi personal yang ditentukan oleh dua faktor yaitu self-efficacy dan ekspektasi hasil (outcome expectation). Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk menelaah faktor-faktor yang terkait dengan kondisi personal dan sosial yang mempengaruhi perilaku knowledge sharing dalam komunitas virtual. Variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah modal sosial, knowledge sharing-self efficacy, personal outcome expectation, dan community related outcome expectation serta perilaku berbagi pengetahuan. Penelitian ini melibatkan 57 responden yang merupakan anggota aktif komunitas virtual kaskus.co.id yang mengkhususkan dirinya membahas segala sesuatu tentang produk jam tangan merk Rolex. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan dalam pengaruh modal sosial terhadap perilaku berbagi pengetahuan (knowledge sharing behavior), pengaruh keyakinan diri dalam berbagi pengetahuan (knowledge sharing-self efficacy) terhadap perilaku berbagi pengetahuan (knowledge sharing behavior), ekspektasi hasil personal (personal outcome expectation), dan ekpektasi hasil relasi komunitas (community related-outcome expectation), pengaruh ekspektasi hasil personal (personal outcome expectation) terhadap perilaku berbagi pengetahuan (knowledge sharing behavior), dan pengaruh hasil relasi komunitas (community related-outcome expectation) terhadap perilaku berbagi pengetahuan (knowledge sharing behavior).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.185/13 Gan p
Uncontrolled Keywords: KOMUNITAS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
BOURHAN MOETTY GANI, 040610304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 05 Sep 2013 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 03:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item