HUBUNGAN STATUS HORMONAL ESTROGEN DENGAN DERAJAT KEGANASAN KANKER PAYUDARA DUKTAL INVASIF DI DEPARTEMEN SMF/PATOLOGI ANATOMI (FK UNAIR-RSUD DR.SOETOMO SURABAYA)

QUISTY PRIMA ZANELLIA, NIM010810085 (2012) HUBUNGAN STATUS HORMONAL ESTROGEN DENGAN DERAJAT KEGANASAN KANKER PAYUDARA DUKTAL INVASIF DI DEPARTEMEN SMF/PATOLOGI ANATOMI (FK UNAIR-RSUD DR.SOETOMO SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini kanker payudara merupakan kanker yang tersering ditemukan pada wanita di dunia. Penyebabnya tidak jelas tapi sejumlah faktor risiko telah ditemukan, termasuk peran hormonal estrogen. Tes status hormon akan menunjukkan apakah hormon tersebut memicu tumor. Kanker yang sensitif terhadap hormon (positif) memiliki kesempatan lebih baik dalam menanggapi pengobatan penekan hormon. Status hormonal estrogen negatif akan merespon jenis lain dari perawatan dan hormon penekan mungkin tidak diperlukan. Masalah penelitian ini adalah perawatan kanker terbanyak di rumah sakit Indonesia dilakukan terhadap kanker payudara (18,4%). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi adanya hubungan status hormonal estrogen dengan derajat keganasan kanker payudara duktal invasif. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah data rekam medik penderita kanker payudara duktal invasif yang memenuhi kriteria penelitian yaitu sebanyak 295 yang diambil dari Departemen SMF/Patologi Anatomi FK Unair-RSUD dr.Soetomo periode 2009-2011. Analisis data menggunakan chi-square (!2) untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antar variabel. Variabel bebasnya adalah status hormonal estrogen sementara variabel terikatnya adalah derajat keganasan kanker payudara. Hasil penelitian didapatkan pasien dengan status hormonal negatif paling banyak mengalami Grade III sementara pada pasien dengan status hormonal positif paling banyak mengalami Grade II. Hasil diuji menggunakan SPSS 17 didapatkan nilai chi-square hitung lebih besar dari chi-square tabel, sementara signifikansi lebih kecil dari derajat kepercayaan 95%. Simpulan penelitian ditemukan adanya perbedaan distribusi status hormonal estrogen diantara derajat keganasan kanker payudara duktal invasif sehingga kemungkinan ada hubungan antara status hormonal estrogen dengan derajat keganasan kanker payudara duktal invasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.144/14 Zan h
Uncontrolled Keywords: Estrogen Receptor, ER, Grade, Invasive Ductal Carcinoma
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
QUISTY PRIMA ZANELLIA, NIM010810085NIM010810085
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Susilo, Dr. , dr., Sp. PA (K)UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 May 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item