HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI PROGESTIN PADA IBU YANG MENYUSUI DENGAN KECUKUPAN PRODUKSI ASI (Di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya)

BAHARIKA SUCI DWI ANINGSIH, 010830460 (2010) HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI PROGESTIN PADA IBU YANG MENYUSUI DENGAN KECUKUPAN PRODUKSI ASI (Di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK .pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 05-14 Ani h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) makanan utama bayi sampai 6 bulan. Salah satu faktor yang mempengaruhi produksi ASI adalah penggunaan kontrasepsi. Kontrasepsi progestin suatu metode kontrasepsi yang hanya mengandung hormon progestin dan dianjurkan pada masa laktasi. Masalah dalam penelitian 56,78% akseptor KB suntik 3bulan sekali dalam masa laktasi mengeluh mengalami gangguan pada produksi ASI. Judul penelitian Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Progestin pada Ibu Menyusui dengan Kecukupan Produksi ASI di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaaan kontrasepsi progestin pada ibu yang menyusui dengan kecukupan produksi ASI di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi seluruh ibu menyusui yang berkunjung di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya pada tanggal 11-24 Januari 2010. Pengambilan sampel dengan teknik Consecutive Sampling. Besar sampel 47 responden. Variabel independen ibu menyusui yang menggunakan kontrasepsi progestin dan variabel dependen adalah kecukupan produksi ASI. Instrumen penelitian data rekam medik dan checklist. Analisis menggunakan uji Chi Square (χ2 Hasil Penelitian dari 47 responden, yang menggunakan kontrasepsi progestin sebanyak 37 orang dan yang tidak menggunakan kontrasepsi progestin 10 orang. Dari 37 responden yang menggunakan kontrasepsi progestin 64,86% memiliki produksi ASI yang cukup sedangkan 10 responden yang tidak menggunakan kontrasepsi progestin 50,00% memiliki produksi ASI cukup. Hasil uji Chi Square (χ) dengan tingkat kemaknaan (α) = 0,05. 2) tidak memenuhi syarat sehingga menggunakan Uji Fisher’s Exact Test dengan SPSS menunjukan nilai signifikan=0,473. Sehingga menunjukan nilai p > 0,05 yang berarti H0 Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan kontrasepsi progestin pada ibu menyusui dengan kecukupan produksi ASI di BPS Juniati Soesanto Mojo Surabaya pada bulan Januari 2010. Untuk dapat meningkatkan produksi ASI hendaknya responden memanfaatkan informasi yang sudah diberikan oleh bidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 05 / 14 Ani h
Uncontrolled Keywords: KONTRASEPSI ; ASI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
BAHARIKA SUCI DWI ANINGSIH, 010830460UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Ratnawati,, SKM, M.Kes, MHUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 04:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item