HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DENGAN PELAKSANAAN IMD DI RUANG NIFAS RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK

NUR HASANAH, NIM010830476 (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DENGAN PELAKSANAAN IMD DI RUANG NIFAS RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK .pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 11-14 Has h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dianggap sebagai faktor yang menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Selain memiliki banyak manfaat pada ibu dan Di RS Muhammadiyah Gresik pada bulan juni-November masih 33,60% ibu yang melakukan IMD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan pelaksanaan IMD. Dengan menggunakan desain analitik korelasi studi Cross Sectional. Populasinya adalah semua ibu nifas di RS Muhammadiyah Gresik pada 09-25 Januari 2010 dengan sampel ibu nifas yang memenuhi kriteria sebesar 42 orang yang diambil dangan teknik Non Probability Sampling jenis Consecutive Sampling dengan variabel independent pengetahuan ibu dan variabel dependent pelaksanaan IMD. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menggunakan Cheklist. Kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square (χbayi, Inisiasi Menyusu Dini juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang berisiko kematian tinggi. Tidak hanya itu, Inisiasi Menyusui Dini juga dinyatakan dapat menekan Angka Kematian Bayi (AKB) baru lahir hingga mencapai 22,00%. Oleh karena itu peneliti mengambil judul penelitian Hubungan antara Pengetahuan Ibu Tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan Pelaksanaan IMD. 2 Hasil penelitian dari 42 responden terdapat 29 orang berpengetahuan baik tentang IMD sebagian besar (75,86%) melaksanakan IMD. Hasil uji Chi-Square (χ) dengan tingkat kemaknaan (α) = 0,05. 2 Simpulan penelitian ini, sebagian besar responden adalah berpengetahuan baik tentang IMD, dan sebagian besar melakukan IMD. Dan ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan pelaksanaan IMD. Untuk meningkatkan pelaksanaan IMD, diharapkan ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang manfaat ASI sehingga dapat memberikan ASI pada bayinya secara dini dengan mengawalinya dengan melaksanakan IMD saat melahirkan. Diharapkan bidan lebih meningkatkan sosialisasi pelaksanaan IMD pada semua klien di pelayanan kebidanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 11 / 14 Has h
Uncontrolled Keywords: INISIASI MENYUSU DINI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
NUR HASANAH, NIM010830476NIM010830476
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHilmi Yumni,, M.Kep.,SpMatUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18684
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item