HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG GIZI SELAMA KEHAMILAN DENGAN LAMA PERSALINAN DI PUSKESMAS TUREN MALANG

POPPY FARANTIA SAPUTRI, 010830457 (2010) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG GIZI SELAMA KEHAMILAN DENGAN LAMA PERSALINAN DI PUSKESMAS TUREN MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 13-14 Sap h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ibu hamil yang menderita KEK dan Anemia mcmplInyai resiko kesakitan yang lebih besar terutarna pada trimester III kehamilan dibandingkan dengan ibu hanlil nonnal. Akibatnya mereka mempunyal resiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan BBLR, kematian saat persaiinan, pen d arah an , pasca persalinan yang sulit karena lemah dan mudah mengalami gangguan kesehalan. Tujuan peoelitian ioi adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan ibu ntfas tentang gizi selama kehamilan, lingkar lengan atas selarna kehamilan dan lamanya persalinan serta hubungan antara ketiga variabel tersebut. Kerangka konsep yang mendasari penelitIan ini adalah tingkat pengetahuan ibu nifas yang menjadi variabel bebas dengan kategori baik, cukup, kurang dan tidak baik, lingkar lengan atas selama kehamjlan dengan kategon < 23,5 em dan> 23,S em. Sedangkan lamanya persalinan sebagai variabel terikat dengan kategori normal dan tidak normal. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan erossectional. PopuJasi penelitian adalah semua ibu nI ras di Puskesmas ruren Malang pada bulan Januari dan Februari 20 I 0, dengan pengambilan sampel dengan earn non random sampling yaitu purposive sampling, pengambilan sampe dengan kriteria tertentu yang kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis uji Chlsquare untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas, variabel antara dan vari abe I terikat. Sedangkan untuk menguji keeratan atau kekuatan hubungan digunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang kuat dan signifikan antara pengetahuan ibu ten tang gizi dengan lingkar lengan alas selama kehamilan dibukllkan dengan nilai X itung > X2tabcl (21,040 > 7,82) dan nilai p < 5% (0,033 < 0.05). Sedangkan keeratan atau kekuatan hubungan kedua vanabel ini ditunjukkan olah hasil uji korelasi sebesar 0,732 atau 73,2%. Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara lingkar lengan alas selaIlla kehamilan dengan lamanya persalinan dibuklikan dengan nilai nilai ihitung > Xabel (20,920 > 3,84) dan rulai p < 5% (0,008 < 0.05). Sedangkan keeratan atau kekuatan hubungan kedua variabel ini ditunjukkan ohili hasil uji korelasi sebesar 0,71 1 atau 71.1 %. Dan ada hubungan kuat dan signifikan antara hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi selama kehamilan dengan lamanya persalinan dibuktikan dengan rulai ihllUng > X21Rbcl (28546> 7.82) dan nilai p < 5% (0,008 < 0,05). Sedangkan keeratan atau kekuatan hubungan kedua variabeJ ini ditunjukkan olah hasil uji korelasi sebesar 0,763 alau 76,3%. Kesimpulannya: (1) pengetahuan ibu nifas tentang gizi selama kehamilan mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan lingkar lengan atas selama kehamilan (2) lingkar lengan atas selama kehamilan rnempunyai mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan Janlanya persalinan dan (3) pengetahuan ibu nifas tentang gizi selanla kehamilan mcmpunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan lamanya persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 13 / 14 Sap h (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: NIFAS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
POPPY FARANTIA SAPUTRI, 010830457UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 27 Mar 2014 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item