HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PESAN KEHAMILAN DALAM BUKU KIA DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANTENATAL (Di Wilayah Kerja Puskesmas Ba'a Kabupaten Rote Ndao-NTT)

NIKE ANY LIAN, 010912057 (2010) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PESAN KEHAMILAN DALAM BUKU KIA DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANTENATAL (Di Wilayah Kerja Puskesmas Ba'a Kabupaten Rote Ndao-NTT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 29-14 Lia h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antenatal care adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang sangat penting untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.Oleh sebab itu pengetahuan ibu hamil sangat menentukan daJam meningkatkan kepatuhan dalam melakukan kunjungan Antenatal. Di Puskesmas Ba'a masih tcrdapat 49,05% ibu harrul yang tidak patuh melakukan Antenatal. Dan masih terdapat 50,00% ibu hamll yang kurang memahami buku KIA khususnya pesan-pesan untuk lbu hamil Judul penelitian ini adalah Hubungan tingkat pegetahuan ten tang pesan kehamiJan dalam buku KIA dengan kepahlhan kunjungan Antenatal dl wilayah Puskesmas Ba'a ,Kabupaten Rote Ndao -NTT bertujuan untuk mengidentifikasl hubungan Tingkat pengetahuan ten tang pesan kehamilan dalam buku KIA dengan kepatuhan kunjungan Antenatal. Jenis Penelitian iill adalah penelitian analitik dengan desain Cross SectIOnal. Populasinya adalah ibu hamil ill wi1ayah Puskesmas Ba'a periode Juru-Agustus 2010 sebanyak 553 ibu hamil. Jumlah Sampel 40 ibu hanul trimester 111 yang di ambil secara consecutive sampling, sesual dengan criteria InklUSl. Pengumpulan data eli lakukan dengan menggunakan kuesioner dan Chek Itst Anahsis menggunakan Chi-Square dari Pearson dcngan tingkat slgmfikan (a) = 0,05 Hasil peneiitian rnenunjukkan hampir setengahnya (37,50%) mempunyal pengetahuan kurang,dan sebagian besar ibu hamiJ tidak patuh melakukan kunjungan antental (55,00%), ada hubungan tingkat pengetahuan tentang pesan kehamilan dalam buku KIA dengan kepatuhan kunjungan Antenatal.Dengan hasil X2 hitung (8,05) lebih besar dari X2 tabeJ(5,99). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pesan kehamilan dalam buku KIA dengan kepatuhan kunjungan Antenatal.Saran bagi bidan perlu di lakukan penyuJuhan meJalui posyandu agar dapat menambah pengetahuan tentang pesan kehamllan dalam buku KIA sehingga dapat meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan kunjungan Antenatal selama masa kehamilan pada [asilitas kesehatan yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 29 / 14 Lia h
Uncontrolled Keywords: ANTENATAL
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
NIKE ANY LIAN, 010912057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMiatuningsih, , Dipl.MW.,S.PdUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 27 Mar 2014 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item