HUBUNGAN ANTARA OBESITAS SELAMA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMSIA DI RUANG KAMAR BERSALIN RSUD PAMEKASAN MADURA

MAZDALINA RAHMAWANDARI NURHANI, 010912105 (2010) HUBUNGAN ANTARA OBESITAS SELAMA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMSIA DI RUANG KAMAR BERSALIN RSUD PAMEKASAN MADURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRACT.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 101-14 Maz h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Preeklamsia adalah penyebab utama kesakitan dan kematian ibu. Di Indonesia eklamsia merupakan sebab utama kematian ibu di samping perdarahan dan infeksi. Sampai saat ini penyebab pasti dari preeklamsia masih belum di ketahui, salah satu faktor resiko untuk terjadi preeklamsia adalah obesitas. Obesitas sebelum dan selama hamil merupakan resiko tinggi untuk terjadinya preeklamsia. Semakin tinggi IMT sebelum hamil, maka semakin tinggi pula resiko untuk menderita preeklamsia dalam kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara obesitas selama kehamilan dengan kejadian preeklamsia. Metode penelitian ini analitik berdesain case control. Populasinya semua ibu hamil aterm yang datang ke ruang kamar bersalin RSUD Pamekasan selama bulan Oktober sampai November 2010. Sampel kasus semua ibu hamil yang menderita preeklamsia, yang memenuhi criteria inklusi dan eksklusi selama bulan Oktober-November 2010. Sedangkan sampel control semua ibu hamil yang tidak menderita preeklamsia yang di matchingkan dengan sampel kasus pada usia dan paritasnya. Variable independen obesitas selama kehamilan dan variable dependen kejadian preeklamsia. Instrument yang di gunakan lembar pengumpulan data dan lembar wawancara. Sumber data dari rekam medis dan buku KIA ibu. analisis data menggunakan uji Mc Nemar. Hasil penelitian dari 25 pasang responden sebagian besar pasangan adalah pasangan yang sampel kasusnya menderita obesitas selama kehamilan dan sampel kontrolnya tidak menderita obesitas selama kehamilan, sebagian kecil pasangan adalah pasangan yang sampel kasusnya tidak menderita obesitas dalam kehamilan dan sampel kontrolnya menderita obesitas selama kehamilan. Hasil uji Mc Nemar nilai siqnifikansi 0,001<0,05 yang berarti ada hubungan antara obesitas selama kehamilan dengan kejadian preeklamsia. Kesimpulan penelitian ini adalah, sebagian besar pasangan responden adalah pasangan sampel yang sampel kasusnya menderita obesitas dalam kehamilan dan sampel kontrolnya tidak menderita obesitas selama kehamilan. Dan ada hubungan antara obesitas selama kehamilan dengan kejadian preeklamsia. Untuk mengurangi terjadinya preeklamsia maka semua ibu hamil harus di deteksi dini adanya obesitas sebelum dan selama kehamilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 101 / 14 Maz h
Uncontrolled Keywords: OBESITAS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
MAZDALINA RAHMAWANDARI NURHANI, 010912105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBudi Prasetyo, Dr., dr., Sp.OGUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 11:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18732
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item