HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TENTANG PAP SMEAR TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR ( Di Kecamatan Kamal )

KHADIJAH, NIM010912091 (2010) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TENTANG PAP SMEAR TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR ( Di Kecamatan Kamal ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 102-14 Kha h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit keganasan yang dapat menyebabkan kematian, namun demikian kesadaran wanita untuk memeriksakan diri masih sangat rendah. Sampai sekarang belum diketahui penyebab kanker serviks, hanya saja diduga akibat Human papilloma Virus (HPV) melalui penyakit hubungan seksual (PMS). Tetapi ada beberapa faktor resiko yang telah diketahui yaitu koitus pertama pada umur muda (dibawah 20 tahun), memiliki banyak pasangan seksual, kawin muda, umur terlalu muda pada kehamilan pertama, paritas yang tinggi, perceraian, status sosial ekonomi yang rendah, dan merokok. Untuk mengetahui secara dini kanker serviks adalah melalui beberapa macam pemeriksaan deteksi dini salah satunya dengan tes Pap Smear. Test ini merupakan pemeriksaan sitologi dengan tingkat sensitivitas menengah (cukup baik) dan relatif murah. Masalah dari penelitian ini adalah di kecamatan Kamal yang merupakan salah satu kecamatan di pulau Madura masih banyak masyarakat yang melakukan kawin muda juga punya banyak anak. Hal ini merupakan salah satu faktor resiko terjadinya kanker serviks. Sedangkan di Puskesmas Kamal sebagai satu-satunya sarana kesehatan pemerintah masih belum dapat memfasilitasi adanya deteksi dini kanker serviks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pengetahuan PUS tentang Pap Smear terhadap pemeriksaan Pap Smear di kecamatan Kamal. Metode penelitian ini adalah analitik yang berdesain crosssectional. Populasinya adalah seluruh PUS di kecamatan Kamal. Pengambilan sampel dengan metode proportionate stratified random sampling. Besar sampel 373 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik dan pengetahuan PUS tentang Pap smear sedangkan variabel dependen adalah pemeriksaan Pap smear. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat singinifan (α) = 0,05 Hasil penelitian dari 373 responden menunjukkan bahwa usia, pendidikan, status sosial ekonomi, dan pengetahuan dari responden tentang pap smear berhubungan secara signifikan terhadap pemeriksaan pap smear. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan karakteristik dan pengetahuan PUS tentang pap smear terhadap pemeriksaan pap smear. Oleh karena sangat pentingnya deteksi dini terhadap kanker serviks, maka alangkah baiknya jika pelayanan kesehatan ditingkatkan dengan cara mengadakan pelayanan pemeriksaan Pap smear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 102/ 14 Kha h
Uncontrolled Keywords: PAP SMEAR
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
KHADIJAH, NIM010912091NIM010912091
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Trijanto,, Dr. SpOg. (K),UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 11:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item