PENGARUH PEER GROUP SUPPORT TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DALAM KEMOTERAPI DI RUANG MERAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

W A R S I T I, 010912097 (2011) PENGARUH PEER GROUP SUPPORT TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DALAM KEMOTERAPI DI RUANG MERAK RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 104-14 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker servik merupakan penyakit yang dapat dialami wanita di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di negara berkembang masih menempati urutan pertama penyebab kematian hampir 80% pada wanita usia reproduktif. Stress pada penderita yang terdiagnosis kanker serviks, umumnya meningkat karena disebabkan oleh penolakan atas kondisi kesehatannya yang semakin memburuk. Dukungan kelompok sesama penderita atau Peer Group Support dapat merubah respon psikologis mal-adaptif pada penderita kanker serviks menjadi respon yang adaptif. Design yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental kuasi dengan menggunakan the static group comparison. Subyek dalam penelitian ini adalah wanita yang terdiagnosa kanker serviks dengan terapi dalam kemoterapi di Ruang RSUD Dr. Soetomo yang memenuhi syarat dengan konsekutif sampling sebanyak 30 responden yang terbagi dalam 15 kelompok kontrol dan 15 kelompok perlakuan. Data diolah dan dianalisis dengan Mann-Whitney test. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh Peer Group Support terhadap peningkatan konsep diri pasien kanker serviks dalam kemoterapi di Ruang Merak RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan nilai signifikasi p=0,000. Saran yang dapat diberikan adalah penderita kanker serviks diharapkan agar dapat menjalankan fungsi reproduksinya setelah dilakukan terapi dalam kehidupan sehari hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 104 / 14 War p
Uncontrolled Keywords: PEER GROUP SUPPORT
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
W A R S I T I, 010912097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGUS ABADI, Prof. DR. , dr., Sp.OG. (K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 04 Apr 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 11:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item