Hubungan Pengetahuan tentang Suami Siaga dengan Perencanaan Persalinan

Novita Freida Anggraini, 011012069 (2012) Hubungan Pengetahuan tentang Suami Siaga dengan Perencanaan Persalinan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. RINGKASAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 129-14 Ang h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suami siaga yaitu kesiagaan suami dalam upaya memberikan pertolongan dalam merencanakan dan mengahadapi kehamilan, persalinan dan nifas.Kesiapan menjadi suami siaga harus dibekali dengan pengetahuan tentang beberapa hal mengenai upaya menyelamatkan ibu dan perencanaan persalinan.PengetahuaN merupakan faktor terpenting dalam membentuk tindakan seseorang. Perilaku yang didasari pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pengetahuan tentang suami siaga dengan perencanaan persalinan.Studi pendahuluan yang dilakukan pada 20 responden di wilayah puskesmas Gurah menunjukkan bahwa 65% suamitidak melakukan perencanaan persalinan. Sedangkan pengetahuan tentang suami siaga, didapatkan hasil 65% memiliki pengetahuan kurang, 20%, memiliki pengetahuan cukup, dan 15% memiliki pengetahuan baik. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional gunamengetahui hubungan antara pengetahuan tentang suami siaga dengan perencanaan persalinan di wilayah puskesmas Gurah kabupaten Kediri.Populasi penelitian adalah suami dari ibu hamil yang memeriksakan diri di wilayah puskesmas Gurah pada bulan Juli sampai dengan September 2011 yang berjumlah 196 responden. Besar sampel sejumlah 66 reponden dengan tingkat kepercayaan (d) 0,1, dan teknik pengambilan sampelmenggunakan simple random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengetahuan tentang suami siaga, dan variabel terikatnya adalah perencanaan persalinan.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 37 responden (56,1%) dari 39 responden (59,1%) yang memiliki pengetahuan kurang, tidak melakukan perencanaan persalinan. Hasil uji Chi-Square menunjukkan hasil p = 0,000<∝=0,05 maka Ho ditolak, yang artinyabahwa terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan tentang suami siaga dengan perencanaan persalinan di wilayah puskesmas Gurah kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 129 / 14 Ang h
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN KEHAMILAN
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Novita Freida Anggraini, 011012069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAditiawarman, , dr., Sp.OG (K),UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 07 Apr 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item