PENGARUH KETERATURAN PELAKSANAAN SENAM HAMIL YOPHYTTA TERHADAP LAMA PERSALINAN DI RSIA KENDANGSARI SURABAYA

Tutut Wijayanti, 010912052 (2013) PENGARUH KETERATURAN PELAKSANAAN SENAM HAMIL YOPHYTTA TERHADAP LAMA PERSALINAN DI RSIA KENDANGSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRACT.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 221-14 Wij p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senam hamil yophytta merupakan gabungan dari yoga, pilaes, hypnoterapi dan tai chi. Senam hamil yophytta menggabungkan latihan fisik, mental dan spiritual agar mendapatkan energi positif. Bila senam ini dilakukan secara teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, bugar dan mempermudah persalinan. Senam hamil yophytta masih jarang diterapkan. Masalah dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan perpanjangan durasi persalinan pada ibu bersalin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteraturan keikutsertaan senam hamil yophytta terhadap lama persalinan di RSIA Kendangsari Surabaya. Metode penelitian ini analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu bersalin di RSIA Kendangsari Surabaya pada bulan Mei-Juni 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keteraturan senam hamil yophytta. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah lama persalinan. Instrumen menggunakan lembar pengumpul data. Analisis data menggunakan chi square. Hasil penelitian ini dari 37 ibu bersalin hampir seluruhnya tidak teratur melakukan senam hamil yophytta dan ibu yang mengikuti senam hamil yophytta tidak teratur, megalami persalinan tidak normal atau tidak cepat. Hasil penelitian ini didapatkan hasil p = 0,021, dapat disimpulkan bahwa p < 0,05. Yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara keteraturan pelaksanaan senam hamil yophytta dengan lama persalinan. Berdasarkan analisis koefisien korelasi, menunjukkan hasil 0,422 yang berarti bahwa arah korelasi cukup berarti atau sedang. Berdasarkan hal tersebut diatas disimpulkan pentingnya mengikuti senam hamil yophytta secara teratur. Berdasarkan hasil nalisis RR, didapatkan hasil RRnya 3. Maka dapat disimpulkan bahwa senam hamil yophytta yang teratur mempengaruhi 3 kali terjadinya persalinan normal dibandingkan dengan senam hamil yang tidak teratur. Lama persalinan normal lebih cepat daripada persalinan tidak normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 221 / 14 Wij p
Uncontrolled Keywords: SENAM HAMIL
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Tutut Wijayanti, 010912052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLilik Djuari,, Dr. dr, M.Kes, AKKUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 10:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18766
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item