POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERILAKU PACARAN PADA REMAJA

ANGGI SEPFANA ZIZILIA, NIM010912051 (2013) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERILAKU PACARAN PADA REMAJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 223-14 Ziz p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja memiliki batasan usia antara 13-21 tahun yang pada masa ini mengalami perkembangan fisik maupun perkembangan pada mentalnya. Masalah dari penelitian ini adalah dari tingginya presentasi pacaran remaja yang berperilaku lebih kearah yang dapat mengakibatkan timbulnya seks, sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membentuk kepribadian anak seharihari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang orang tua terapkan dalam mempengaruhi perilaku pacaran remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik snowball sampling dengan jumlah informah sebanyak 30 pasangan suami, istri. Hasil penelitian diambil dengan menggunakan wawancara mendalam dan FGD (Focus Gruo Discussion). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil wawancara menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar orang tua menganggap bahwa usia anak remaja terbilang dewasa sehingga orang tua memberikan kebebasan kepada anaknya untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Orang tua yang memperbolehkan anaknya untuk berpacaran mengaku tidak memberikan pendidikan mengenai seks dikarenakan hal tersebut tabu untuk dibicarakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh yang diterapkan orang tua terlalu bebas sehingga anak remaja yang berada dalam masa pencarian jati diri mudah terpengaruh oleh pergaulan yang salah. Penjelasan mengenai seksualitas didapatkan remaja dari sumber yang kurang terpercaya menjadikan remaja memiliki persepsi yang salah mengenai masalah seks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 223 / 14 Ziz p
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANG TUA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
ANGGI SEPFANA ZIZILIA, NIM010912051NIM010912051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pariani, , dr. MS, M. Sc., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 11:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item