ANALISA FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN GLOBAL (KPG) PADA BALITA DI POLI TUMBUH KEMBANG RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

DITA RAHMAIKA ARUMSARI, 010912001 (2013) ANALISA FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN GLOBAL (KPG) PADA BALITA DI POLI TUMBUH KEMBANG RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
7. RINGKASAN .pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 239-14 Aru a.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Periode terpenting perkembangan anak adalah dibawah umur lima tahun. Masing-masing anak berkembang secara individual dengan kecepatan dan ketepatan yang berbeda. Walaupun ada perbedaan individual, tetapi secara keseluruhan mengikuti pola yang berlaku. Keterlambatan perkembangan global (KPG) merupakan bagian dari keterlambatan perkembangan. Di Poli Tumbuh Kembang RSUD dr Soetomo Surabaya, gangguan perkembangan yang paling banyak ditemukan adalah keterlambatan perkembangan global. Perkembangan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor prenatal, intranatal, dan postnatal. Tujuan peneltian, untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan keterlambatan perkembangan global pada balita di Poli Tumbuh Kembang RSUD dr Soetomo Surabaya. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan case control. Populasi dibagi populasi kasus (Keterlambatan perkembangan global) dan populasi kontrol (Perkembangan normal). Populasi kelompok kasus adalah balita yang didiagnosa Keterlambatan Perkembangan Global pada bulan Maret 2013. Populasi kelompok kontrol adalah balita dengan perkembangan normal pada bulan Januari 2010-Maret 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling untuk kelompok kasus dan simple random sampling untuk kelompok kontrol. Besar sampel 40 balita dengan perbandingan kasus:kontrol (1:1). Variabel independen adalah berat badan lahir, paparan rokok dalam kehamilan ibu, riwayat komplikasi kehamilan ibu, riwayat infeksi (TORCH dan IMS) pada kehamilan ibu, asfiksia, prematuritas, status gizi balita, penyakit kronis, dan urutan anak. Variabel dependen adalah keterlambatan perkembangan global. Sumber data dari rekam medik. Analisis data menggunakan uji Chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian, faktor-faktor yang terbukti berpengaruh: berat badan lahir (ρ=0,012; OR=45,596), penyakit kronis (ρ=0,015; OR=9,021), status gizi balita (ρ=0,029; OR=5,907) dan urutan anak (ρ=0,005; OR=0,076) dengan probabilitas 98,4%. Faktor-faktor yang tidak berpengaruh: paparan rokok dalam kehamilan (ρ=0,108), riwayat komplikasi kehamilan ibu ρ=0,432), infeksi dalam kehamilan ibu (ρ=1,000), jenis persalinan (ρ=1,000), asfiksia (ρ=0,005), dan prematuritas (ρ=0,000). Kesimpulan penelitian ini , keterlambatan perkembangan global pada balita di Poli Tumbuh Kembang RSUD Dr. Soetomo Surabaya dipengaruhi oleh berat badan lahir, riwayat penyakit kronis, status gizi balita, dan urutan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 239 / 14 Aru a
Uncontrolled Keywords: TUMBUH KEMBANG BALITA
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DITA RAHMAIKA ARUMSARI, 010912001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Faizi,, dr. Sp.A(K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item