PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH INTERAKTIF DENGAN VIDEO DAN CERAMAH INTERAKTIF DENGAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR MENGENAI DETEKSI DINI Ca CERVIX DI DESA DEYENG - KEDIRI

Debby Aditya, 010912021 (2013) PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH INTERAKTIF DENGAN VIDEO DAN CERAMAH INTERAKTIF DENGAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR MENGENAI DETEKSI DINI Ca CERVIX DI DESA DEYENG - KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. RINGKASAN.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 243-14 Adi p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skrining sangat berperan dalam penurunan insidensi kanker serviks, akan tetapi pengetahuan dan sikap wanita yang kurang menimbulkan rendahnya cakupan krining. Salah satu upaya yang dapat dilakukan diantaranya dengan pendidikan kesehatan mengenai deteksi dini kanker serviks. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan metode ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet terhadap perubahan pengetahuan dan sikap wanita usia subur mengenai deteksi dini kanker serviks dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Metode penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan pretest-postest group design. Populasinya adalah wanita usia subur (15-49 tahun) yang berdomisili di dusun Deyeng-Kediri. Penentuan sampel dilakukan secara accidental sampling yang hasilnya berjumlah 44 orang. Sampel dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet yang jumlahnya masing-masing 22 orang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon sign rank test dan Mann-Whitney dengan nilai = 0,05. Hasil analisis data pre-post test pada kelompok ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet didapatkan perbedaan yang signifikan untuk pengetahuan (p=0,001<) dan tidak terdapat perbedaan sikap yang signifikan (p=0,896>) dan (p=1,000>). Hasil analisis data post test pada ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet tidak terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap yang signifikan yaitu (p=0,327>) dan (p=0,578 > ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengetahuan wanita usia subur mengenai deteksi dini kanker serviks dengan IVA sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan metode ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet, akan tetapi tidak terdapat perbedaan sikap diantara keduanya. Pengetahuan dan sikap sesudah pendidikan kesehatan metode ceramah interaktif dengan video dan ceramah interaktif dengan leaflet tidak terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 243 / 14 Adi p
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KESEHATAN
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Debby Aditya, 010912021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Faizi,, dr, Sp. A (K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18786
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item