HUBUNGAN ANTARA PERAN IBU DALAM KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA PUTRI DI SMKN 2 PONOROGO

GALUH WIDIARNITA, 010810193 (2012) HUBUNGAN ANTARA PERAN IBU DALAM KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA PUTRI DI SMKN 2 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. RINGKASAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FK BID 172-14 Wid h.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 172-14 Wid h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana selalu ingin mencoba-coba sesuatu yang baru, hal inilah yang bisa membawa remaja masuk pada hubungan seks pranikah dengan segala akibatnya Angka kejadian seks pranikah di Indonesia semakin tahun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara peran ibu dalam komunikasi ibu-anak dengan perilaku seksual remaja putri di SMKN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik observasional cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling kelas X, XI, dan XII dengan besar sampel sebanyak 94 remaja putri usia 15-20 tahun. Instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner. Uji validitas instrumen dilakukan menggunakan SPSS Pearson Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji statistik variabel dependen dan independen menggunakan Korelasi Spearman dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil yang didapat mayoritas responden (96,8%) pernah bersentuhan, 59,6% pernah berciuman, 2,1% pernah melakukan petting, 3,2% tidak pernah melakukan perilaku seksual apapun, dan tidak ada responden yang pernah melakukan hubungan seksual kelamin. Sebagian besar (33,0%) responden memiliki ibu yang mampu berkomunikasi cukup baik pada anak, sebanyak 29,8% responden memiliki ibu yang berkomunikasi dengan buruk, sebanyak 28,7% responden memiliki ibu yang mampu berkomunikasi baik, sebanyak 4,3% responden memiliki ibu yang berkomunikasi dengan sangat buruk dan juga yang berkomunikasi sangat baik pada anak. Hasil uji statistik diperoleh ρ=0,268 dan r=- 0,115. Nilai ρ (0, 268) <α (0,05) menunjukkan bahwa Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara peran ibu dalam komunikasi ibu-anak dengan perilaku seksual remaja putri di SMKN 2 Ponorogo. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menggambarkan bahwa tingginya angka perilaku seksual remaja putri bukan disebabkan dari faktor internal keluarga, namun dari faktor eksternal seperti pergaulan, pengaruh teman sebaya, atau media massa. Ibu yang mampu melakukan komunikasi yang baik pada anak tidak menjamin anak terhindar dari perilaku seksual remaja. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan metode wawancara dan menyusun instrumen yang baik dalam pengumpulan data untuk agar dperoleh data yang lebih akurat dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 172 / 14 Wid h
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
GALUH WIDIARNITA, 010810193UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBudiono,, dr., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 09:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item