HUBUNGAN MALARIA TROPIKA DAN NON TROPIKA DALAM KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA DI PUSKESMAS TIMIKA KABUPATEN MIMIKA

SRI WAHYUNI, - (2014) HUBUNGAN MALARIA TROPIKA DAN NON TROPIKA DALAM KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA DI PUSKESMAS TIMIKA KABUPATEN MIMIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 173-14 Wah h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian terhadap 188 responden yang terdiri dari 94 responden kelompok kasus dan 94 kelompok kontrol mengenai hubungan malaria tropika dan non tropika dalam kehamilan dengan kejadian anemia di puskesmas Timika kabupaten Mimika Papua tahun 2012 adalah sebagai berikut : 1) Hanya sebagian kecil dari anemia pada ibu hamil disebabkan oleh malaria tropika, pada kelompok kasus yaitu 41,0%, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak anemia adalah 59,0%. 2) Sebagian besar ibu hamil yang mengalami anemia disebabkan oleh malaria non tropika yaitu 57,1%. Hal ini dimungkinkan karena sifat dari malaria tertiana yang menyebabkan relaps kambuh sehingga pada saat ibu tersebut yang sebelumnya sudah pernah terserang oleh malaria tertiana, pada saat hamil terjadi penurunan imunitas maka ibu tersebut akan terserang oleh malaria tertiana kembali. 3) Pada kelompok kasus ibu hamil dengan anemia berada pada kategori anemia sedang dan anemia ringan (Hb > 7,5-11 gr %/dl) dan tidak ada Hb dibawah 7g%r/dl atau anemia berat. Peran dari bidan dan petugas kesehatan lainnya untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat maupun ibu hamil agar menghindari faktor risiko terjadinya infeksi malaria, apabila ada keluhan demam , sakit kepala , nyeri otot agar segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Malaria dalam ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga Skripsi HUBUNGAN MALARIA TROPIKA.. SRI WAHYUNI 60 kehamilan yang dapat menyebabkan anemia bisa dicegah dengan deteksi dan pengobatan malaria secara cepat dan tepat sesuai aturan protokol yang ada. 4) Ada hubungan malaria tropika dan non tropika dalam kehamilan dengan kejadian anemia di puskesmas Timika kabupaten Mimika Papua tahun 2012, dengan hasil yang signifikan. Ibu hamil yang menderita malaria non tropika berpeluang terkena anemia 0,5 kali lebih besar dibandingkan ibu hamil yang menderita malaria tropika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 173 / 14 Wah h
Uncontrolled Keywords: MALARIA
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
SRI WAHYUNI, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAKSONO WINARDI, dr., Sp.OG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 09:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item