HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN MAHASISWA BIDAN DENGAN PENGETAHUAN TENTANG RESUSITASI PADA ASFIKSIA NEONATUS

FARAH MILLA DWI PURWASARI, 011112098 (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN MAHASISWA BIDAN DENGAN PENGETAHUAN TENTANG RESUSITASI PADA ASFIKSIA NEONATUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. RINGKASAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 194-14 Pur h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian balita (AKABA) merupakan indikator penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan terutama dalam menilai keberhasilan pelayanan kesehatan dan pembangunan di bidang kesehatan yang mana kejadian asfiksia menjadi penyebab kedua kematian bayi di Indonesia. Kematian bayi akibat asfiksia di Jember mencapai 68 kasus. Sedangkan institusi pendidikan kebidanan semakin menjamur dengan harapan pemerintah mampu membantu menekan AKB. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan bidan dengan pengetahuan tentang resusitasi pada asfiksia neonatus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan Cross Secsional dan besar sampel yang digunakan adalah 227 sampel. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Proportional Sampling dilanjutkan Simple random Sampling. Variabel indpenden, tingkat pendidikan bidan dan variabel dependen, pengetahuan tentang resusitasi pada asfiksia neonatus. Instrumen yang digunakan adalah wawancara menggunakan kuesioner. Perhitungan dengan uji statistik Spearman Rho diperoleh nilai probabilitas (p) = 0,000 dengan taraf signifikan (α) = 5% atau 0,05 dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan antara tingkat pendidikan bidan dengan pengetahuan tentang resusitasi pada asfiksia neonatus. Dengan demikian sangat penting bagi institusi pendidikan bidan untuk selalu mengevaluasi kompetensi mahasiswa terutama dalam tindakan resusitasi pada neonatus dengan lebih memperhatikan kebutuhan informasi/pengetahuan dan praktek resusitasi sehingga mahasiswa bidan dapat lebih tertarik lagi pada materi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 194 / 14 Pur h
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN KEHAMILAN
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
FARAH MILLA DWI PURWASARI, 011112098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErnawati,, dr., Sp. OGUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 23 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 05:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item