PENGARUH TERAPI MENULIS TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER SERVIKS STADIUM LANJUT DI POSA RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA

CHALIMAH CANDRA DEWI, 011112095 (2013) PENGARUH TERAPI MENULIS TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER SERVIKS STADIUM LANJUT DI POSA RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. RINGKASAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 205-14 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker serviks merupakan suatu kondisi dimana sel yang terdapat pada serviks telah kehilangan fungsi normalnya. Data Poli Onkologi Satu Atap (POSA) RSUD Dr. Soetomo Surabaya tahun 2013 menunjukkan bahwa kanker serviks menempati urutan kedua terbanyak dan mempunyai kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun. Setiap penyakit fisik berdampak pada kondisi psikologis seseorang. Respon emosional yang paling sering muncul pada penderita kanker serviks adalah kecemasan. Terapi menulis merupakan jenis terapi dengan harga terjangkau yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kecemasan, depresi, emosi marah, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi menulis terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien kanker serviks stadium lanjut di POSA RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment design dengan pendekatan randomized pretest-postest with control group design. Populasinya adalah wanita yang didiagnosa menderita kanker serviks di Poli Onkologi Satu Atap (POSA) RSUD. Dr, Soetomo pada bulan Juni-Juli 2013. Tekhnik pengambilan sampel dengan concecutive sampling. Besar sampel adalah 48 orang, terdiri atas 24 sampel terapi dan 24 sampel tidak terapi. Variabel dependennya adalah tingkat kecemasan dan variabel independennya adalah terapi menulis. Instrumen yang digunakan checklist Hamilton Anxiety Rating Scale. Analisa data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann Whitney Test Hasil penelitian dengan uji wilcoxon pada kelompok terapi didapatkan nilai p=0,004 dengan perubahan rata-rata 17 menjadi 13,3 dan pada non terapi p=0,916 tanpa ada perubahan rata-rata. Hasil uji Mann Whitney antara kelompok terapi dengan tidak terapi didapatkan nilai p=0,011. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan yang bermakna antara kelompok yang mendapatkan terapi menulis dengan kelompok yang tidak melakukan terapi dan hasil uji dengan wilcoxon berarti bahwa ada perubahan yang signifikan yaitu terapi menulis menurunkan tingkat kecemasan pasien. Oleh karena itu untuk menangani kecemasan pada penderita kanker serviks stadium lanjut terapi menulis bisa diterapkan di setiap klinik sebagai salah satu terapi pendukung untuk menurunkan kecemasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 205 / 14 Dew p
Uncontrolled Keywords: CERVICAL CANCER
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
CHALIMAH CANDRA DEWI, 011112095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrimandono Perbowo,, dr., Sp. OGUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Apr 2014 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item