PENGARUH BIMBINGAN VERBAL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF

Zely Karunia, NIM011112029 (2013) PENGARUH BIMBINGAN VERBAL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. RINGKASAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 207-14 Kar p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecemasan pada ibu bersalin sering mengganggu kelancaran proses persalinan seiring dengan timbulnya nyeri persalinan yang berlebihan sehingga ibu bersalin membutuhkan bimbingan dan dukungan dari keluarga selama persalinan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan verbal dan dukungan keluarga terhadap intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental dengan rancangan pre-experimental (one shot case study). Pengambilan sampel dipilih berdasarkan kriteria inklusi sejumlah 31 responden di BPS Ny. Anang Arif Sidoarjo pada bulan Mei-Juni 2013 dengan cara total sampling. Populasinya adalah seluruh ibu inpartu pada bulan Mei dan Juni di BPS Ny. Anang Arif. Variabel independen adalah bimbingan verbal dan dukungan keluarga dan variabel dependen adalah nyeri persalinan kala I fase aktif. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, lembar observasi bimbingan verbal dan dukungan keluarga dan lembar observasi intensitas nyeri persalinan dengan numerical rating scale. Analisa data yang digunakan adalah mann-whitney. Hasil penelitian secara keseluruhan dengan uji mann-whitney p=0,354 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh bermakna (p>0,05). Namun bila dibedakan secara primipara dan multipara memiliki hasil yang berbeda. Pada primipara dengan uji analisis p=0,014 yang berarti ada pengaruh bimbingan verbal dan dukungan keluarga terhadap intensitas nyeri persalinan. Pada multipara dengan uji analisis p=0,558 yang berarti tidak ada pengaruh bimbingan verbal dan dukungan keluarga terhadap intensitas nyeri persalinan. Dengan adanya bimbingan verbal dan dukungan adekuat dapat mengalihkan dari nyeri berat ke nyeri sedang. Hal itu menunjukkan bahwa bimbingan verbal dan dukungan keluarga dapat bermanfaat dalam mempengaruhi persepsi nyeri ibu bersalin terutama pada primipara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 207 / 14 Kar p
Uncontrolled Keywords: PERSALINAN
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT601-1445 Classes > HT641-657 Classes arising from birth, Including royalty, nobility, commons
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Zely Karunia, NIM011112029NIM011112029
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNetti Herlina,, S.Pd, MKes,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Apr 2014 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18824
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item