HUBUNGAN USIA WANITA SAAT COITARCHE DAN LAMANYA PEMAKAIAN PIL KB KOMBINASI DENGAN KEJADIAN KANKER SERVIKS DI POSA RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA

FITRI DAMIYANTI, 011112058 (2013) HUBUNGAN USIA WANITA SAAT COITARCHE DAN LAMANYA PEMAKAIAN PIL KB KOMBINASI DENGAN KEJADIAN KANKER SERVIKS DI POSA RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 209-14 Per h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker serviks merupakan suatu proses keganasan yang terjadi pada serviks, sehingga jaringan disekitarnya tidak dapat melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya. Kanker serviks termasuk ke dalam kanker yang ganas yang banyak menyerang wanita. Hingga kini angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks masih cukup tinggi. Keadaan kanker serviks dapat meningkat dengan adanya berbagai faktor risiko diantaranya adalah usia wanita saat coitarche dan pemakaian kontrasepsi hormonal dalam jangka waktu lama (5 tahun atau lebih). Studi pendahuluan di POSA RSUD Dr. Soetomo Surabaya menunjukkan bahwa masyarakat telah memberikan apresiasi baik terhadap deteksi dini kanker serviks sehingga penemuan kejadian kanker serviks meningkat dari tahun 2010 sampai dengan 2012. Program deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) secara gratis oleh Panitia Bulan Cegah Kanker Serviks dan Koordinator Female Cancer Program Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah menemukan 60 kasus lesi prakanker dan 13 kasus suspect / curiga kanker serviks Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia wanita saat coitarche dan lamanya pemakaian pil KB kombinasi dengan kejadian kanker serviks di POSA RSUD Dr. Soetomo Surabaya Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien onkologi ginekologi yang berkunjung pada bulan Mei 2013. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling dengan besar sampel 92 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 92 orang pasien onkologi ginekologi sebanyak 72 orang terjadi kanker serviks (78,3%), 67 orang (71,6%) usia saat coitarchenya< 20 tahun dan 41 orang (44,6%) lama pemakaian pil KB kombinasi ≥ 5 tahun. Uji Chi-Square untuk usia wanita saat coitarche dengan kejadian kanker serviks didapatkan nilai p = 0,025 <α = 0,05, artinya ada hubungan usia wanita saat coitarche dengan kejadian kanker serviks. Uji Chi-Square untuk lamanya pemakaian pil KB kombinasi dengan kejadian kanker serviks didapatkan nilai p = 0,834 >α = 0,05, artinya tidak ada hubungan lamanya pemakaian pil KB kombinasi dengan kejadian kanker serviks. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara usia wanita saat coitarche dengan kejadian kanker serviks dan tidak ada hubungan antara lamanya pemakaian pil KB kombinasi dengan kejadian kanker serviks di POSA RSUD Dr. Soetomo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 210 / 14 Dam h
Uncontrolled Keywords: CERVICAL CANCER
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
FITRI DAMIYANTI, 011112058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorImam Susilo, Dr. dr. H, Drs. Med, Sp.PA (K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Apr 2014 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 11:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item