HUBUNGAN RUTINITAS W ANITA UNTUK MELAKUKAN SADARI DENGAN DITEMUKANNY A TUMOR JINAK MAUPUN TUMOR GANAS PAYUDARA DI POLl ONKOLOGI SATU ATAP RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

RANI NARTI ROSTIKA SARI, 011112079 (2013) HUBUNGAN RUTINITAS W ANITA UNTUK MELAKUKAN SADARI DENGAN DITEMUKANNY A TUMOR JINAK MAUPUN TUMOR GANAS PAYUDARA DI POLl ONKOLOGI SATU ATAP RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 191-14 Sar h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tumor merupakan istilah yang digunakall untuk menggamharkall pertumbuhan biologikal jaringan yang tidak nonnal. Turn )r pa udara dihagi menjadi duajenis yaitu ganas dan jinak. Tumor ganas payudam u alah jeni. tumor tertinggi {II Indonesia dan tertinggi di POSA RSUD Dr. Soetomll urnbaya. alah saLU langkah deteksi dini tumor payudara adalah dengan pemeriksaa 1 payudara 'endiri ( 'ADARJ) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara rutinitas anita untuk melakukan SADARl dengan ditemukannya tumor jll1ak maupun tumor gana:payudara di POSA RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah analitik ob.'C'n asion;.!1 ueng'Jn pendekatan cross sectional comparative. Populasinya adalah pasicn tumor jinak d.m tumor ganas payudara di POSA. Teknik pengambilan 'ampet adalah ComecUlHt' sampling yang ditentukan pada kurun waktu tertentu_ ) aitu yang bt.:rkuJlung bulan Mei 2013. Besar sampel peneJitlan adalah 93 responden. aiLU 76 re 'pond"n tumor ganas dan 17 responden tumor jinak. Rutinitas melakukun j DARI adalah arial I independen. tumor jinak maupun tumor ganas payudara mcrupakan variabel dependen. Instrumen penelitian adalah wawancara dan kuesioner. Hasil peneiitian menunjukkan dari 17 responden tumor Jinak ~~hanyak 7 responden (41%) tidak meJakukan SADARJ dan dari 76 responden tumor gallJ' sebanyak 51 responden (67%) tidak melakukan SADARI. Hasil lIJi chi 'lJuare p 0,046 sehingga p < (l (0 05). HasH uji rutinitas dengan kn/mogorl1l'' mirnm' p = 0.80sehingga p > (l (0,05). Kesimpulan peneJitian ini adalah ada bubungan .mtara mclakukan SAT ARI dengan tidak meJakukan SADARl. Namun, tidak bubun 'an nllmita! 'anita untuk meiakukan SADARI dengan ditemukannya tumor j1l1ak mall pun lwnor I!ana payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 191 / 14 Sar h
Uncontrolled Keywords: TUMOR
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
RANI NARTI ROSTIKA SARI, 011112079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLILIK HERAWATI,, dr., MkesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 28 Apr 2014 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 11:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item