HUBUNGAN ANEMIA DENGAN KEJADIAN ABORTUS PADA KEHAMILAN DI RSB PONDOK TJANDRA SIDOARJO

Tika Wahyu Puspita, 010912034 (2013) HUBUNGAN ANEMIA DENGAN KEJADIAN ABORTUS PADA KEHAMILAN DI RSB PONDOK TJANDRA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. RINGKASAN .pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 232-14 Pus h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kematian ibu dapal terjadi karcna beberapa sebab. diantaranya karen a anemia. Pengaruh anemia saat kehamilan salah satunya adalah abortus. Melihat fenomena tersebut, tujuan dari peneinian ini adalah mengidentiikasi kejadian anemia, kejadian abortus dan menganalisis hubungan anatara anemia dengan kejadian abortus pada kehamilan di RSB Pondok Tjandra Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional yang bersifat analitik, dengan pendekatan kasus k{)nlml (case control study Populasinya adalah seluruh pasien abortus di R B Pondok Tjandra periode 1 Januari 2012 -31 Desember 2012 Teknik pengambilan sampe menggunakan simple random sampling, dengan besar sam pel 96 ibu hamil dengan kasus abortus dan 96 ibu hamil kontrol yang tidak abortus. Variabel independennya adalah anemia dan variable dependennya adalah abortu .. Hasil uji statistik chi square didapatkan nilai koefisien korela'ii = 0,000 dengan nilai signifikan dihitung p=O.OOO< a yang beral1l ada hubungan antara anemia dengan terjadinya abortus Kesimpulan penelitian ada hubungan yang bennakna antara posilif anemia dengan terjadinya aborsi di RSB Pondok 'I jandra lahun 2012 Anemia dapat meningkatkan terjadinya abortus 6,75 kali dari yang lidak anemia. Dan disarankan untuk Bidan di rumah akit hendaknya memherikan KJE tentang pola nutrisi untuk ibu hamil terulama ibu hamil yang terkena anemia. saan untuk R B Pondok Tjandra untuk memberikan poster poster yang menginformasikan tentang pengertian anemia, bahaya anemia. dan faktor yang mempengaruhi anemia dan pencegahan anemia, maka akan menambah tingkat pengetahuan pasien di Iingkungan RSB Pondok Tjandra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 232 / 14 Pus h
Uncontrolled Keywords: ABORTUS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Tika Wahyu Puspita, 010912034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNETTI HERLINA, , S.Pd., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 28 Apr 2014 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item