PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS DONATUR UNTUK MENYALURKAN ZAKAT INFAQ SHADAQAH (ZIS) PADA DOMPET DHUAFA JAWA TIMUR

ANNA AYYUN LATIFAH, 040914080 (2013) PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS DONATUR UNTUK MENYALURKAN ZAKAT INFAQ SHADAQAH (ZIS) PADA DOMPET DHUAFA JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-latifahann-26856-6.abstr-k.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah umat muslim merupakan negara yang memiliki potensi zakat sangat besar. Namun, penyaluran dan pengelolaan zakatnya masih kurang teratur dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Lembaga Amil Zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi (X) terhadap loyalitas donatur dalam menyalurkan zakat (Y) pada Dompet Dhuafa Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengambilan data primer dan pendekatan kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Sederhana. Sampel penelitian adalah 34 donatur tetap yang menyalurkan ZIS secara rutin hanya pada Dompet Dhuafa Jawa Timur, yang berdomisili di Surabaya dan Sidoarjo. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi dapat dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas donatur untuk menyalurkan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) pada Dompet Dhuafa Jawa Timur. Namun, persentasenya tidak terlalu besar karena variabel eksogen yang digunakan merupakan variabel eksogen tunggal. Dompet Dhuafa Jawa Timur perlu meningkatkan pelayanan kepada donatur sesuai dengan yang tertera pada media promosinya. Untuk penelitian selanjutnya, dapat diteliti promosi mana yang paling dapat mempengaruhi loyalitas donatur untuk menyalurkan ZIS pada Dompet Dhuafa Jawa Timur, sehingga akan didapat gambaran yang lebih mendalam mengenai pengaruh promosi terhadap loyalitas donatur untuk menyalurkan ZIS pada Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.56/13 Lat p
Uncontrolled Keywords: PROMOSI
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334 Economic aspects. Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
ANNA AYYUN LATIFAH, 040914080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAri Prasetyo, , SE., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 09 Sep 2013 12:00
Last Modified: 24 Aug 2016 03:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item