KEKUATAN GESER PEREKATAN BREKET ORTODONTI DENGAN BAHAN BONDING GIC SETELAH APLIKASI PASTA CPP-ACPF (PENELITIAN EKSPERIMENTAL LABORATORIS)

Melisa Budipramana, 020911137 (2013) KEKUATAN GESER PEREKATAN BREKET ORTODONTI DENGAN BAHAN BONDING GIC SETELAH APLIKASI PASTA CPP-ACPF (PENELITIAN EKSPERIMENTAL LABORATORIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-budipraman-22990-5.abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Lesi putih karies merupakan masalah utama selama perawatan dengan peranti cekat ortodonti. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengurangi lesi putih sebelum perawatan dengan menggunakan bahan bonding yang mengandung fluoride. Aplikasi pasta CPP-ACPF sebagai bahan remineralisasi sebelum perawatan dan bahan bonding GIC diharapkan dapat mengatasi masalah ini sekaligus menambah kekuatan cekat bahan bonding GIC. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi CPP-ACPF sebelum perawatan dengan peranti cekat ortodonti terhadap kekuatan geser bahan bonding GIC. Metode: 50 gigi premolar dewasa dibagi sama banyak menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok I sebagai kelompok perlakuan dan kelompok II sebagai kelompok kontrol. Setelah gigi dipotong dan diletakkan dalam akrilik, diaplikasikan pasta CPP-ACPF pada permukaan enamel sampel pada kelompok I selama 2 menit 2 kali sehari selama 14 hari. Aplikasi pasta CPP-ACPF tidak dilakukan pada kelompok kontrol. Kemudian breket ortodonti direkatkan dengan bahan bonding GIC pada semua sampel di kelompok I dan kelompok II. Kekuatan geser diukur dengan menggunakan alat Autograph Shimatzu. Hasil: Kekuatan geser rata-rata pada kelompok perlakuan (19,22 + 4,04 MPa) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (12,97 + 3,97 MPa). Analisis independent t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok perlakuan dan kontrol (P > 0.05). Kesimpulan: CPP-ACPF dapat digunakan sebagai bahan remineralisasi sebelum perawatan dengan peranti cekat ortodonti. Aplikasi CPP-ACPF dapat meningkatkan kekuatan geser bahan bonding GIC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.01/13 Bud k
Uncontrolled Keywords: CPP-ACPF
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsEmail
Melisa Budipramana, 020911137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThalca,, drg., MHPEd., Sp.Ort(K)., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 21 Feb 2013 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item