EFEKTIVITAS HASIL FERMENTASI KURMA (PHOENIX DACTILYFERA L.) SEBAGAI DESINFEKTAN RESIN AKRILIK DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN MIKROORGANISME RONGGA MULUT

EVA NINGRUM WITCAHYO, 021211133065 (2016) EFEKTIVITAS HASIL FERMENTASI KURMA (PHOENIX DACTILYFERA L.) SEBAGAI DESINFEKTAN RESIN AKRILIK DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN MIKROORGANISME RONGGA MULUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2016-witcahyoev-39977-4.abst-k.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

EFEKTIVITAS HASIL FERMENTASI KURMA (PHOENIX DACTILYFERA L.) SEBAGAI DESINFEKTAN RESIN AKRILIK DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN MIKROORGANISME RONGGA MULUT Abstrak Latar Belakang: Pemakain gigi tiruan memiliki efek samping yang menimbulkan masalah jika tidak diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Salah satu bahan gigi tiruan adalah resin akrilik yang mudah terjadinya perlekatan oleh mikroorganisme rongga mulut. Untuk melakukan perawatan dan menjaga kebersihan gigi tiruan maka diperlukan desinfektan untuk meminimalisir pertumbuhan mikroorganisme yang melekat pada resin akrilik. Hasil Fermentasi kurma (Phoenix Dactilyfera L.) telah diuji memiliki aktivitas antibakteri yang dapat menurunkan mikroorganisme rongga mulut pada resin akrilik. Tujuan: untuk mengetahui konsentrasi yang paling efektif dari hasil fermentasi kurma (Phoenix Dactilyfer L.) untuk membunuh pertumbuhan bakteri mulut. Metode: Sampel saliva dikumpulkan sebanyak 5ml. Saliva dibagi dua bagian. Bagian pertama saliva akan di sterilisasi dan bagian lainnya digunakan untuk saliva kontaminasi. Sampel dibagi menjadi 4 kelompok untuk masing-masing kelompok terdiri dari kontrol, dan kelompok perlakuan, konsentrasi 25%, konsentrasi 12,5% dan konsentrasi 6,25%. Penghitungan koloni mikroorganisme rongga mulut dilakukan dengan metode colony forming unit. Hasil: Tes One Way Anova menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara 4 kelompok, dengan nilai p = 0,000 < 0,05, (konsentrasi yang paling efektif adalah 25%). Kesimpulan: dari hasil penelitian bahwa perendaman plat resin akrilik ke dalam hasil fermentasi kurma (Phoenix Dactilyfera L.) dapat menurunkan jumlah koloni mikroorganisme rongga mulut yang melekat pada plat resin akrilik pada konsentrasi 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.34/16 Wit e
Uncontrolled Keywords: Acrylic resin, date palm (Phoenix Dactilyfera L.) fermentation, oral microorganisms.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Dental Public Health
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EVA NINGRUM WITCAHYO, 021211133065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUtari Kresnoadi, Dr.,drg.,MS.,SpPr os(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 22 Jan 2016 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 11:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item