EFEK ESKTRAK PROPOLIS TERHADAP AKTIVITAS OSTEOBLAS PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI DENGAN HIPERGLIKEMI(Penelitian Eksperimental Laboratoris Pada Tikus Jenis Wistar)

KADEK AYU KARTIKA, 021011045 (2013) EFEK ESKTRAK PROPOLIS TERHADAP AKTIVITAS OSTEOBLAS PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI DENGAN HIPERGLIKEMI(Penelitian Eksperimental Laboratoris Pada Tikus Jenis Wistar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang. Banyak dilakukan penelitian untuk menemukan bahan alami yang dapat mendukung dan meningkatkan proses remodeling tulang. Salah satu bahan alami yang banyak diteliti adalah ekstrak propolis yang mengandung flavonoid dan memiliki sifat antioksidan. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari ekstrak propolis terhadap aktivitas sel osteoblas pada pergerakan gigi ortodonti dengan keadaan hiperglikemi. Metode. Penelitian ini dilakukan pada tikus wistar jantan. Sepuluh ekor tikus dibagi menjadi dua kelompok sampel dan mendapat perlakuan berbeda, yaitu: (Kelompok 1) diberi feeding larutan glukosa 50% dan 10% ad libitum tujuh hari sebelum dan 14 hari selama dipasang separator. (Kelompok 2) diberi feeding ekstrak propolis, larutan glukosa 50% dan 10% ad libitum tujuh hari sebelum dan 14 hari selama dipasang separator. Semua kelompok kemudian dikorbankan dan tulang alveolar tersebut diambil untuk dibuat sediaan histopatologis. Jaringan tersebut diproses dan dilakukan pengecatan dengan Hematoxylin & Eosin untuk melihat sel osteoblas dan osteoklas. Data hasil penelitian kemudian dianalisa dengan uji statistik Independent T-Test. Hasil. Terdapat perbedaan signifikan pada jumlah sel osteoblas antara kelompok sampel yang diberi feeding ekstrak propolis dan yang tidak diberi feeding ekstrak propolis. Simpulan. Pemeriksaan histopatologis pada tulang alveolar insisivus rahang atas menunjukkan bahwa feeding ekstrak propolis selama tujuh hari sebelum pemasangan dan 14 hari selama pemasangan separator berpengaruh terhadap pergerakan gigi ortodonti pada kondisi hiperglikemi ditandai dengan meningkatnya jumlah sel osteoblas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 117/14 Kar e
Uncontrolled Keywords: propolis extract
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsEmail
KADEK AYU KARTIKA, 021011045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIda Bagus Narmada, Dr. , drg., Sp.Ort.(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Feb 2014 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 10:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item