TINGKAT KECEMASAN PENDERITA ANAK SETELAH DILAKUKAN PERAWATAN PENDAHULUAN ATAU KONSERVASI GIGI SEDERHANA (Penelitian Pre & Post Eksperimental)

ANISA KUSUMAWARDANI, 020112942 (2006) TINGKAT KECEMASAN PENDERITA ANAK SETELAH DILAKUKAN PERAWATAN PENDAHULUAN ATAU KONSERVASI GIGI SEDERHANA (Penelitian Pre & Post Eksperimental). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
112. Abstrak KG 62-06 Kus t.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-kusumaward-2194-kg62_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sasaran pokok perawatan gigi anak adalah untuk membimbing anak secara bertahap sehingga tercipta tingkah laku yang positif terhadap perawatan gigi. Kunjungan pertama anak ke dokter gigi merupakan momen yang penting untuk menurunkan atau meningkatkan kecemasan anak terhadap perawatan gigi. Tujuan dari penelitian ini yaitu; melihat perbedaan besar tingkat kecemasan penderita anak yang pertama kali datang dengan dilakukan perawatan pendahuluan atau perawatan konservasi gigi sederhana, sehingga dapat diperoleh informasi apakah dengan dilakukannya perawatan pendahuluan mampu mengurangi kecemasan penderita anak atau tidak, dan dokter gigi dapat merencanakan perawatan yang akan diberikan. Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 30 penderita anak, laki-laki dan perempuan, usia ± 8 tahun, yang belum pernah datang ke dokter gigi. Sampel dibagi dalam 2 kelompok, masing-masing 15 penderita yang dipilih secara Random, kelompok I dilakukan perawatan pendahuluan yaitu; pembersihan gigi dengan pasta gigi dan brush putaran rendah, kelompok II dilakukan perawatan konservasi gigi sederhana yaitu; pembersihan dan penumpatan karies superficial memakai bur putaran cepat. Untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perawatan dan membandingkan kedua kelompok perawatan, data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dan uji statistik Mann-Whitney Test. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara kedua kelompok perawatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.62/06 Kus t (TIDAK ADA ABSTRAK)
Uncontrolled Keywords: Facial Image Scale, children, dental treatment
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANISA KUSUMAWARDANI, 020112942UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHerawati, drg., MS., Sp.KGAUNSPECIFIED
ContributorTeguh Budi, drg., MS., Sp.KGAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 22 Sep 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item