PERBEDAAN TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI AKIBAT APLIKASI MUSIK RELAKSASI PADA ANAK YANG MENJALANI PERAWATAN GIGI (DIFFERENCE IN BLOOD PRESSURE AND PULSE RATE DUE TO RELAXATION MUSIC APPLICATION IN CHILDREN UNDERGOING DENTAL TREATMENT)

LAURENSIA LENY SUDARSONO, 020710105 (2010) PERBEDAAN TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI AKIBAT APLIKASI MUSIK RELAKSASI PADA ANAK YANG MENJALANI PERAWATAN GIGI (DIFFERENCE IN BLOOD PRESSURE AND PULSE RATE DUE TO RELAXATION MUSIC APPLICATION IN CHILDREN UNDERGOING DENTAL TREATMENT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudarsonol-14979-kg1321-k.pdf

Download (331kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudarsonol-12504-kg1321-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Relaksasi musik mengandung unsur penggunaan suara alam di latar belakang, tempo lambat, berulang-ulang, berirama, dan penambahan suara akustik dengan binaural efek beat dengan frekuensi yang diinginkan untuk mencapai pengurangan gelombang otak frekuensi hingga tahap bersantai. Unsur-unsur relaksasi musik disarankan untuk memiliki efek penurunan tekanan darah dan denyut nadi anak-anak yang akan menjalani perawatan gigi yang akan menyebabkan lebih banyak relaxedto wajah anak itu. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah Membuktikan adanya perbedaan tekanan darah dan denyut nadi karena aplikasi relaksasi musik pada anak-anak yang menjalani treatment.Menthod gigi: Penelitian ini menggunakan desain semi-eksperimental dengan desain pendekatan pra-pos kelompok kontrol tes. subjek percobaan adalah anak-anak yang datang ke IKGA klinik Kedokteran Gigi Universitas Airlangga dan akan menjalani perawatan gigi dan memenuhi kriteria. Subjek dibagi menjadi dua kelompok, kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Setiap kelompok memiliki sepuluh anggota. Dalam semua dua kelompok ini, kami mengukur tekanan darah tiga kali, ketika tiba di klinik, ketika duduk di kursi gigi, dan ketika selesai perawatan gigi. Pada kelompok perlakuan, kami menyediakan relaksasi musik selama perawatan gigi, sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasilnya diuji dengan independent t-test untuk mencari perbedaan tekanan darah dan denyut nadi antara kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil: Berdasarkan statistik independen t-test ther perbedaan yang signifikan dari tekanan darah dan denyut nadi antara kelompok kontrol sampel dan kelompok perlakuan yang sama dengan 0,000 (p <0,05). Juga mean perbedaan - 8,9 tekanan darah dan - 8 pada nadi. Dengan demikian, karena kedua variabel perbedaan yang signifikan antara kontrol dan sampel kelompok perlakuan, dapat disimpulkan bahwa kelompok perlakuan mengalami penurunan sebesar 8,9 tekanan darah dan penurunan dari 8 pada denyut nadi bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Penggunaan musik relaksasi dengan binaural efek beat pada anak-anak yang menjalani perawatan gigi dapat menyebabkan perbedaan yang signifikan pada tekanan darah dan anak-anak pulsa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan musik relaksasi dapat mengurangi kecemasan dari anak-anak yang akan menjalani perawatan gigi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 132 / 11 Sud p
Uncontrolled Keywords: ANXIETY; MUSIC
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
LAURENSIA LENY SUDARSONO, 020710105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS Budipramana, Els .,drg.MS.SP.KGAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Feb 2011 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item