PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RSGMP FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

MEIVIRA ANINDITA C., 101111297 (2012) PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RSGMP FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Citra rumah sakit yang baik merupakan aset bagi kebanyakan pelayanan kesehatan, karena citra dapat berdampak kepada persepsi atas kualitas, pemanfataan, nilai dan kesan yang baik. Pemanfaatan pelayanan dimulai ketika pelanggan menyadari kebutuhannya dan dapat mencari informasi tentang pelayanan kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhannya. Penilaian dan persepsi yang baik oleh pelanggan dapat meningkatkan pemanfaatan pelayanan. Penilitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini diperoleh responden dari seluruh responden yang berkunjung dan berobat di RSGMP FKG UA mulai 17 Juli sampai dengan 30 Juli 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan pelayanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangg berdasarkan penilaian dan persepsi pelanggan terhadap pelayanan yang diterima dan citra (imaged related) dari RSGMP FKG UA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa responden kurang menyadari akan kebutuhannya terhadap pelayanan kesehatan. Dokter gigi dan mahasiswa dalam memberikan perawatan ahli, untuk sikap dan respon dokter gigi maupun mahasiswa masih ada responden yang menilai atau berpersepsi bahwa kurang ramah dan kurang tanggap begitu juga untuk waktu tunggu, waktu pelayanan dan frekuensi kunjungan untuk satu kali perawatan responden menyatakan terlalu lama. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pelanggan menilai dan berpersepsi pada sikap dan respon dokter gigi maupun mahasiswa kurang ramah dan kuang tanggap serta waktu tunggu terlalu lama. Oleh karena itu hendaknya pihak RSGMP dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan bersedia untuk memanfaatkan RSGMP FKG UA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 138 - 12 Mei p
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL PATIENTS - SERVICE FOR HOSPITAL CARE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MEIVIRA ANINDITA C., 101111297UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorThinni Nurul R., Dr. , Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 11 Oct 2012 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20007
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item