PENGARUH PEMBERIAN PAKAN BASAL YANG DISUBSTITUSI CRUDE CHLORELLA TERHADAP KECERNAAN PROTEIN DAN JUMLAH Ig A PADA MUKOSA ILEUM AYAM PETELUR YANG DIVAKSIN AVIAN INFLUENZA

ANDES SENO WIBOWO, 060313181 (2008) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN BASAL YANG DISUBSTITUSI CRUDE CHLORELLA TERHADAP KECERNAAN PROTEIN DAN JUMLAH Ig A PADA MUKOSA ILEUM AYAM PETELUR YANG DIVAKSIN AVIAN INFLUENZA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-wibowoande-11003-kh32-k.pdf

Download (328kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-wibowoande-10348-kh32-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya menghindari gejala stres pada ayam petelur dilakukan dengan pemberian pakan tambahan sebagai suplemen dalam ransum. Suplementasi pakan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan serta memperbaiki efisiensi pakan (Anggorodi, 1985). Chlorella berpotensi sebagai feed suplement karena mengandung gizi yang seimbang serta mudah dibudidayakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bahwa Suplementasi Chlorella dalam ransum protein basal dapat memberikan korelasi yang positif antara daya cerna protrein kasar dengan jumlah Ig A pada ileum ayam petelur. Penelitian dilakukan selama sembilan minggu di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Hewan coba yang digunakan adalah 21 ekor ayam petelur strain Lohman yang berumur 16 minggu dengan rata-rata berat badan 1400 gram yang dibagi secara acak menjadi tiga perlakuan, ketiga perlakuan tersebut adalah sebagai berikut adalah P0 yaitu ransum protein basal (kandungan protein ± 18%) tanpa mendapat suplementasi, P1 yaitu ransum protein basal dengan penambahan 2,5% Chlorella, dan P2 yaitu ransum protein basal dengan penambahan 5% Chlorella. Pemberian perlakuan pada hewan coba diberikan selama tujuh minggu. Pada minggu pertama untuk adaptasi lingkungan, minggu kedua untuk adaptasi perlakuan dan pada minggu kesembilan dilakukan pengambilan data. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode Analysis of Variant (Anova) dan uji jarak Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Ada peningkatan nilai kecernaan protein pada ayam petelur saat ditambahkan Chlorella 2,5% sebagai substitusi. 2. Ada peningkatan jumlah Ig A di mukosa ileum ayam petelur saat ditambahkan Chlorella 2,5% sebagai substitusi. Disarankan perlu dievaluasi lebih lanjut terhadap penggunaan suplementasi Chlorella terhadap bahan-bahan organik lain yang terkandung dalam pakan seperti kecernaan serat kasar dan lemak. Perlu pula diteliti pengaruh pemberian suplementasi Chlorella terhadap kinerja ayam petelur yang meliputi feed consumption rate (FCR), serta kualitas telur yang dihasilkan seperti warna kuning telur, kadar kolesterol, lemak dan protein telur serta ketebalan cangkang telur. Disarankan pula untuk menguji dan memanfaatkan Chlorella yang merupakan hasil budidaya sendiri, sehingga dapat lebih meningkatkan efisiensi nilai ekonomis pemeliharaan ayam petelur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 KH 32 / 09 Wib p
Uncontrolled Keywords: pakan basal; crude chlorella; avian influenza
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDES SENO WIBOWO, 060313181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLucia Tri Suwanti, Dr.,MP.,DrhUNSPECIFIED
ContributorAjik Azmiah, SU.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 21 Oct 2009 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item