STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PEMBERIAN SUSU PENGGANTI TERHADAP PERTAMBAHAN UKURAN TUBUH ANAK UNTA DROMEDARY DI KEBUN BINATANG SURABAYA

GANDA WAHYUTAMA ADI CHANDRA, 060213072 (2009) STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PEMBERIAN SUSU PENGGANTI TERHADAP PERTAMBAHAN UKURAN TUBUH ANAK UNTA DROMEDARY DI KEBUN BINATANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-chandragan-15813-kh44-10-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-chandragan-13184-kh44-10-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Susu formula merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk menggantikan susu yang tidak diberikan oleh induk unta di kebun binatang Surabaya. Campuran antara susu formula dengan air yang telah diberikan menjadi sebuah bahan penelitian bagi peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan dan susunan susu pengganti yang diberikan pada anak unta di kebun binatang Surabaya dengan membandingkan susu unta yang diperah dari seekor induk unta di kebun binatang Surabaya. Pertambahan ukuran tubuh anak unta digunakan sebagai tolok ukur dampak penggunaan susu sebagai sumber makanan utama bagi anak unta. Sampel penelitian yang digunakan adalah seekor anak unta berpunuk satu dan seekor induk unta berpunuk satu yang masih dalam masa laktasi. Pemeriksaan yang dilakukan pada susu adalah uji organoleptis, uji reduktase, uji katalase, penghitungan kadar lemak, penghitungan kadar protein dan penghitungan kadar laktosa. Susu unta diperah sekali dalam seminggu selama 3 minggu. Susu pengganti yang diperiksa dibuat dengan menggunakan campuran yang digunakan oleh kebun binatang Surabaya. Pertambahan ukuran tubuh anak unta diukur selama 3 bulan, mulai pada saat anak unta berumur 2 bulan hingga 5 bulan. Pengukuran dilakukan setiap 2 minggu sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran susu formula yang digunakan sebagai susu pengganti di kebun binatang Surabaya mempunyai susunan susu lebih rendah dibandingkan dengan susu induk unta yang diperah di kebun binatang Surabaya. Keadaan susu pengganti menyerupai keadaan susu unta yang diperah dari seekor induk unta berpunuk satu di kebun binatang Surabaya. Pada pemeriksaan kandungan lemak dan protein, susu pengganti mempunyai kadar yang lebih rendah bila dibandingkan dengan susu unta yang diperah dari seekor induk unta berpunuk satu di kebun binatang Surabaya. Pada pemeriksaan kadar laktosa, susu pengganti mempunyai kadar yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu unta yang diperah dari seekor induk unta berpunuk satu di kebun binatang Surabaya . Pada hasil akhir pengukuran tubuh anak unta, rerata pertambahan ukuran tubuh anak unta yang diberi susu pengganti lebih baik bila dibandingkan dengan ukuran tubuh anak unta yang diberi susu unta di kebun binatang Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan susunan susu pengganti yang telah diberikan dapat menjadi susu pengganti susu unta. Namun karena susunan susu pengganti yang diberikan masih lebih rendah bila dibandingkan dengan susunan susu unta, perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai perbandingan susu formula dan air yang digunakan sehingga susunan susu pengganti dapat menyerupai susunan susu unta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 44/10 Cha s
Uncontrolled Keywords: camel body growth, milk replacer
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
S Agriculture > SF Animal culture > SF408-408.6 Zoo animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
GANDA WAHYUTAMA ADI CHANDRA, 060213072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudiarto, M.P., drhUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Chusniati, M.Kes., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 13:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item