VIABILITAS DAN MOTILITAS SPERMATOZOA ENTOK (Cairina moschata) DALAM KOMBINASI BAHAN PENGENCER SUSU SKIM, FRUKTOSA DAN KUNING TELUR

FEVIANITA DWI HARJAYANTI, 060513516 (2009) VIABILITAS DAN MOTILITAS SPERMATOZOA ENTOK (Cairina moschata) DALAM KOMBINASI BAHAN PENGENCER SUSU SKIM, FRUKTOSA DAN KUNING TELUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-harjayanti-15862-kh59-10-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-harjayanti-13230-kh59-10-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan teknik inseminasi buatan pada unggas merupakan suatu upaya peningkatan efisiensi reproduksi untuk lebih meningkatkan produksi dan mutu genetik unggas sehingga kebutuhan protein hewani masyarakat dapat terpenuhi. Sebelum pelaksanaan inseminasi buatan, perlu dilakukan pemeriksaan kualitas dan kuantitas semen untuk mendapatkan semen yang memenuhi syarat untuk kegiatan inseminasi buatan. Bahan pengencer yang digunakan harus memenuhi persyaratan antara lain tidak beracun, menyediakan zat – zat makanan bagi spermatozoa, berenergi dan mampu mempertahankan kualitas semen, melindungi dari kejutan dingin, isotonis, sebagai penyangga (buffer), memiliki derajat keasaman yang sesuai dan mencegah perkembangan kuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui viabilitas dan motilitas semen entok (Cairina moschata) dalam kombinasi bahan pengencer susu skim, fruktosa, dan kuning telur. Penelitian ini terdiri dari dua perlakuan yaitu campuran susu skim 3% dan fruktosa 7,5% sebagai kontrol (P0) dan kombinasi susu skim 3%, fruktosa 7,5% dan kuning telur 5% sebagai perlakuan (P1) dengan masing – masing 10 ulangan. Spermatozoa diperoleh dari hasil penampungan semen entok dengan menggunakan gelas penampung sperma. Sebelum diberi perlakuan, semen yang diperoleh diperiksa secara makroskopis dan mikroskopis untuk mengetahui kualitasnya. Semen yang layak dibagi menjadi dua perlakuan. Kontrol (P0) berisi campuran semen, susu skim 3% dan fruktosa 7,5%. Perlakuan (P1) berisi kombinasi semen, susu skim 3%, fruktosa 7,5% dan kuning telur 5%. Perbandingan untuk semen dengan bahan pengencer adalah 1 : 5 pada masing – masing perlakuan. Hasil analisis statistik dengan Anova Dua Arah (Faktorial) menunjukkan bahwa hasil pemeriksaan persentase hidup (viabilitas) semen entok memberikan perbedaan yang nyata (p<0,05) antara perlakuan (P1) dengan kontrol (P0). Penambahan kuning telur pada perlakuan (P1) memberikan hasil persentase hidup spermatozoa entok yang lebih tinggi dibandingkan tanpa penambahan kuning telur (P0). Hasil analisis statistik dengan Anova Dua Arah (Faktorial) menunjukkan bahwa persentase motilitas semen entok memberikan perbedaan yang tidak nyata (p>0,05) antara perlakuan (P1) dengan kontrol (P0). Meskipun demikian, penambahan kuning telur pada perlakuan (P1) memberikan persentase motilitas yang lebih tinggi daripada tanpa penambahan kuning telur (P0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi bahan pengencer susu skim, fruktosa dan kuning telur dapat mempertahankan viabilitas spermatozoa entok sedangkan motilitas spermatozoa entok dapat meningkat dengan atau tanpa penambahan kuning telur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 59/10 Har v
Uncontrolled Keywords: Muscovy drake, semen, skim milk, fructose, egg yolk
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL671-699 Birds
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
FEVIANITA DWI HARJAYANTI, 060513516UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMas'ud Hariadi, Prof., H., Ph.D., M.Phill., drhUNSPECIFIED
Thesis advisorRochmah Kurnijasanti, drh., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item