EFEKTIFITAS KOMBINASI GLUTARALDEHID DAN AMONIUM KUARTERNER SEBAGAI DISINFEKTAN TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA KANDANG AYAM LAYER JANTAN

Evi Deaviani Hadi, 060513545 (2009) EFEKTIFITAS KOMBINASI GLUTARALDEHID DAN AMONIUM KUARTERNER SEBAGAI DISINFEKTAN TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA KANDANG AYAM LAYER JANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hadievidea-15970-kh112-1-k.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hadievidea-13371-kh112-1-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyemprotan kandang ayam dengan menggunakan desinfektan kombinasi glutaraldehid dan ammonium kuarterner dan pengambilan sampel dilakukan pada tanggal 14 Februari 2009 di salah satu kandang ayam layer pejantan afkir milik Hari Wahyudi, drh di Blitar. Penanaman dan penghitunngan bakteri dilakukan pada tanggal 16 Maret sampai 12 April 2009 di Lab.Poultry Disease Fakultas Kedokteran Hewan lt.2 Kampus C Unair Surabaya. Sampel yang digunakan berupa hasil swab kandang ayam pada saat sebelum dan sesudah penyemprotan desinfektan. Tujuan penellitian ini untuk mengetahui efektivitas desinfektan kombinasi glutaraldehid dan ammonium kuarterner yang digunakan sebagai desinfektan terhadap total bakteri yang terdapat pada kandang ayam layer jantan. Penelitian ini menggunakan 54 sampel yang di peroleh dari 27 sampel yang didapat dari hasil swab kandang ayam sebelum penyemprotan desinfektan dan 27 sampel yang didapat dari hasil swab kandang ayam sesudah penyemprotan. Metode penelitian yang digunakan adalah Viable Count Technique dengan menggunakan Standart Dropping Pippetes. Sampel diencerkan pada pengenceran 10-1 sampai 10-10 dan sebagai kontrol berupa pepton water 1%. Sampel ditanam pada media Nutrient Agar. Koloni yang tumbuh pada tiap media dihitung sebagai total bakteri. Parameter yang diamati adalah koloni yang tumbuh pada media Nutrient Agar dihitung sebagai total bakteri, baik koloni yang tubuh dari penanaman sampel sebelum maupun sesudah penyemprotan desinfektan. Data yang diperoleh dari total bakteri yang telah dihitung, menunjukkan adanya penurunan yang signifikan antara total bakteri sebelum penyemprotan dan sesudah penyemprotan desinfektan, yakni sebesar 1,8 x 1011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desinfektan kombinasi glutaraldehid dan ammonium kuarterner efektif dalam menekan atau menghambat pertumbuhan bakteri yang terdapat pada kandang ayam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa perlunya menggunakan senyawa yang efektif dan aman sebagai desinfektan dalam pelaksanaan biosekuriti pada sebuah peternakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 112/10 Had e
Uncontrolled Keywords: Glutaraldehyd, Ammonium quaterner, Desinfectant, Layer Chicken, Bacteria total
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
Evi Deaviani Hadi, 060513545UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEmy Koestanti, M.Kes., drhUNSPECIFIED
ContributorHandayani Tjitro, MS., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item