PILIHAN HUKUM DAN PILIHAN FORUM DALAM KONTRAK DAGANG INTERNASIONAL

RIZKY AMALIA (2015) PILIHAN HUKUM DAN PILIHAN FORUM DALAM KONTRAK DAGANG INTERNASIONAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (473kB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (465kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (465kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2023.

Download (583kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pilihan hukum dan pilihan forum relevan digunakan dalam suatu kontrak dagang internasional. Adanya pilihan hukum dan pilihan forum tersebut dilatarbelakangi oleh unsur asing yang terdapat dalam kontrak dagang internasional yang menyebabkan para pihak tunduk pada sistem hukum yang berbeda. Fungsi dari pilihan hukum dan pilihan forum yaitu kepastian hukum diantara para pihak dalam pembuatan, pelaksanaan maupun penyelesaian sengketa yang timbul di kemudian hari. Pilihan hukum menyangkut mengenai hukum materiil yang diberlakukan oleh para pihak sedangkan pilihan forum menyangkut forum yang dipergunakan dalam penyelesaian sengketa. Prinsip dasar dalam pilihan hukum dan pilihan forum adalah otonomi para pihak, dimana para pihak diberi kebebasan untuk menentukan hukum dan forum dalam kontrak yang mereka buat. Kebebebasan tersebut bukan tak terbatas melainkan memilki batasan dalam penerapannya. Batasan pilihan hukum dan pilihan hukum antara lain tidak melanggar ketertiban umum dan mandatory rules, tidak dilakukan dengan tujuan penyelundupan hukum dan harus didasari dengan itikad baik. Keabsahan pilihan hukum dan pilihan forum bergantung pada tidak dilanggaranya batasan-batasan tersebut sehingga para pihak dapat mengakui dan menerima pilihan hukum dan pilihan forum tersebut. Hukum perdata internasional dipergunakan dalam menentukan pilihan hukum dan pilihan forum bila dalam kontrak para pihak tidak menentukan secara tegas. Pada dasarnya suatu pilihan hukum dan pilihan forum harus mempunyai suatu real connection dengan kontrak yang dibuat. Tidak adanya suatu real connection dengan kontrak, menjadikan pilihan hukum dan pilihan forum tersebut tidak dapat diberlakukan. Namun, pemilihan terhadap negara ketiga yang tidak terkait dengan kontrak dapat dibenarkan dengan alasan netralitas yang dipergunakan secara rasional dan wajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH.13/16 Ama p
Uncontrolled Keywords: pilihan hukum, pilihan forum, batasan, real connection
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY AMALIANIM031414153053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar SimamoraNIDN-
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Apr 2016 07:45
Last Modified: 05 Jun 2020 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item