PENGARUH PEMBERIAN EKSTRACT BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DARAH PADA MENCIT YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK

Edi Susanto, 060433266 (2007) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRACT BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DARAH PADA MENCIT YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-susantoedi-9962-abstrak-8.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-susantoedi-8335-kh0608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengaruh pemberian ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) terhadap kadar kolesterol – LDL darah pada mencit (Mus musculus) yang diberi pakan tinggi lemak, dibawah bimbingan Ibu Kadek Rachmawati, M. Kes., Drh. sebagai pembimbing pertama dan Ibu Rochmah Kurnijasanti., Msi., Drh. sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) terhadap kadar kolesterol – LDL darah pada mencit yang diberi pakan tinggi lemak. Hewan percobaan yang digunakan adalah 25 ekor mencit (Mus musculus) jantan yang berumur dua sampai tiga bulan, dibagi menjadi lima kelompok, yaitu Po+ (kontrol positif dengan pemberian pakan tinggi lemak dan aquades), Po- (kontrol negatif dengan pemberian pakan standart dan aquades), PI (perlakuan dengan pakan tinggi lemak dan ekstrak dosis 100 mg/kg BB), P2 (perlakuan dengan pakan tinggi lemak dan ekstrak dosis 50 mg/kg BB), P3 (perlakuan dengan pakan tinggi lemak dan ekstrak dosis 25 mg/kg BB) yang masing-masing terdiri dari lima ulangan. Penelitian dilakukan selama enam minggu, untuk masa adaptasi satu minggu dan perlakuan selama lima minggu. Pada akhir penelitian dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol – LDL darah di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Pemeriksaan kadar kolesterol – LDL menggunakan metode presipitasi Polyvinyl Sulphate (PVS). Penelitian menggunakan rancangan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) yang dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ 5 %). Perhitungan hasil statistik menunjukkan bahwa ekstrak buah mahkota dewa dengan dosis 100 mg/kg BB (P1) adalah dosis yang memberikan pengaruh paling besar terhadap penurunan kadar kolesterol — LDL mencit hiperkolesterolemia yang tidak berbeda nyata dengan dosis ektrak buah mahkota dewa dosis 50 mg/kg BB (P2) dan dosis 25 mg/kg BB (P3), sedangkan P3 memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata dengan Po+. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dapat menurunkan kadar kolesterol — LDL darah pada mencit (Mus musculus) yang diberi pakan tinggi lemak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 06/08 Sus e
Uncontrolled Keywords: EXTRACT OF MAHKOTA DEWA FRUIT, LDL � CHOLESTEROL BLOOD RATES.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Edi Susanto, 060433266UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKadek Rachmawati, , M. Kes., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Jan 2009 12:00
Last Modified: 06 Aug 2016 14:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item